PERILAKU KREATIF DAN INOVATIF PETANI DALAM USAHA BUDIDAYA BUAH BELIMBING DI KELURAHAN KARANGSARI KECAMATAN SUKOREJO KOTA BLITAR

  • Defi Rianto Universitas Jember
  • Bambang Suyadi Universitas Jember
  • Titin Kartini Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku kreatif dan inovatif petani belimbing dalam membudidayakan buah belimbing di Kelurahan Karangsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara  langsung kepada 3 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai macam perilaku kreatif dan inovatif yang dilakukan petani belimbing di Kelurahan Karangsari Kota Blitar. Bapak Imam sebagai informan pertama memiliki perilaku kreatif berinisiatif untuk membuat olahan belimbing. Sikap yang terbuka menjadikan beliau tanggap terhadap kritik dan saran dari para pelanggannya. Perilaku inovatif yang beliau lakukan dengan membuat olahan belimbing. Beliau menerapkan inovasi ukuran produk olahan belimbing dari kecil , sedang, besar dan inovasi berbasis pengurangan upaya. Selanjutnya, Bapak Kawit sebagai informan kedua memiliki perilaku kreatif dengan memiliki ide untuk membuat produk olahan makanan dan minuman baru dari belimbing. Sedangkan perilaku inovatifnya. Beliau juga membuat inovasi kemasan dan inovasi ukuran produk serta inovasi pengurangan upaya. Informan ketiga yaitu Ibu Kholipah memiliki perilaku kreatif untuk memilih mengolah belimbing menjadi produk olahan makanan dan minuman, dibandingkan dengan menjadi tenaga kerja luar negeri seperti yang pernah beliau lakukan. Sedangkan perilaku inovatif yang dilakukan beliau yaitu dengan menerapkan ide kreatif membuah olahan belimbing berupa dodol belimbing, sirup belimbing sari buah belimbing dan manisan belimbing. Beliau juga membuat inovasi ukuran dan inovasi pengurangan buaya. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa terdapat perilaku kreatif dan inovatif petani belimbing di Kelurahan Karangsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Defi Rianto, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Bambang Suyadi, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Titin Kartini, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2018-05-10
How to Cite
RIANTO, Defi; SUYADI, Bambang; KARTINI, Titin. PERILAKU KREATIF DAN INOVATIF PETANI DALAM USAHA BUDIDAYA BUAH BELIMBING DI KELURAHAN KARANGSARI KECAMATAN SUKOREJO KOTA BLITAR. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 105-108, may 2018. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/7594>. Date accessed: 18 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7594.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>