STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GALLERY BATIK SISIKMELIK KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumen. Analisis data yang digunakan teridiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi dalam memperkenalkan produknya kepada masyarakat menggunakan strategi komunikasi pemasaran terpadu yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Adapun strategi komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan yaitu periklanan melalui media cetak, media elektronik, dan media internet. Kegiatan penjualan personal dilakukan oleh pemilik dan karyawan Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi. Promosi penjualan yang dilakukan yaitu dengan memberikan voucher belanja, diskon dan mengikuti kegiatan yang diadakan pemerintah daerah seperti Banyuwangi Ethno Carnival dan Banyuwangi Batik Festival. Hubungan yang baik juga dijalin oleh Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi, baik dengan masyarakat maupun konsumen dengan tujuan untuk mendapatkan citra baik dari masyarakat. Selain itu, produsen juga memasarkan produknya secara langsung kepada masyarakat tanpa melalui distributor atau perantara. Pemasaran via internet juga dilakukan oleh Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi yakni melalui instagram, dan facebook.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.