PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA

  • Diccit Darohma Jutisa Universitas Jember
  • Joko Widodo Universitas Jember
  • Sri Wahyuni Universitas Jember

Abstract

Bauran pemasaran jasa pendidikan pada lembaga bimbingan belajar merupakan serangkaian alat pemasaran yang dilakukan untuk membentuk karakteristik program layanan jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Keputusan siswa menggunakan jasa bimbingan belajar pada Lembaga Primagama dilatar belakangi dengan adanya kebutuhan siswa untuk menambah ilmu pengetahuan akademik yang sebelumnya telah didapatkan di pendidikan formal. Adanya Ujian Nasional (UN) dan seleksi masuk di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui tes tulis menjadikan lembaga bimbingan belajar semakin dibutuhkan keberadaanya bagi siswa untuk mencapai lulus UN dan diterima di PTN. Melalui bauran pemasaran, Lembaga bimbingan belajar sebagai pelaku usaha perlu melakukan strategi yang tepat untuk dapat mencapai sasaran dalam pasar sehingga konsumen melakukan keputusan pembelian jasa layanan tersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh bauran pemasaran terhadap pengambilan keputusan menggunakan jasa bimbingan belajar Primagama Cabang Jember. Adapun penentuan lokasi dalam penelitian ini menggunakan purposive area yakni seluruh siswa jenjang SMA program bimbingan reguler pada lembaga bimbingan belajar Primagama Cabang Jember dengan jumlah responden sebanyak 51 orang. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial menggunakan regresi linier sederhana. Hasil Uji F menunjukkan Fhitung = 240,499 > Ftabel = 4,03 dengan tingkat signifikansi 0,000 < a = 0,05 dengan persamaan regresi sederhana Ŷ = 3,454 + 0,226X. Hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,831, hal tersebut menunjukkan bahwa besarnya persentase pengaruh bauran pemasaran terhadap pengambilan keputusan siswa menggunakan jasa bimbingan belajar Primagama Cabang Jember sebesar 83,1%, sedangkan sisanya yaitu 16,9% dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti pengaruh perorangan, kondisi ekonomi, dll. Berdasarkan hasil yang diperoleh diatas dapat disimpulkan bahwa variabel bauran pemasaran meliputi produk (Product), promosi (promotion), lokasi (place), harga (price), orang/SDM (people), bukti fisik (physical evidence), dan proses (process) dapat memengaruhi keputusan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Diccit Darohma Jutisa, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Joko Widodo, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sri Wahyuni, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2018-09-07
How to Cite
JUTISA, Diccit Darohma; WIDODO, Joko; WAHYUNI, Sri. PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 214-220, sep. 2018. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/8507>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8507.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>