PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RM AYAM BAKAR WONG SOLO JEMBER
Abstract
Stimulus keputusan pembelian produk konsumen rumah makan didapat dari indikator bauran pemasaran yang terdiri atas product (produk), price (harga), place (distribusi), dan promotion (promosi). Konsumen rumah makan memiliki selera yang berbeda-beda. Keputusan pembelian konsumen juga dapat dipengaruhi dari faktor internal dan eksternal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk rumah makan. Adapun penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive area yakni konsumen Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo di Jember dengan jumlah responden 40 orang. Metode yang digunakan adalah analisis inferensial menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pembelian produk RM Ayam Bakar Wong Solo Jember. Hasil Uji F menunjukkan Fhitung = 89,166 > Ftabel = 4,010 dengan tingkat signifikansi 0,000 <a = 0,05 dengan persamaan regresi sederhana Ŷ = 8,903+ 0,447X. Hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,701, hal ini menunjukkan bahwa besarnya persentase pengaruh bauran pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pembelian produk RM Ayam Bakar Wong Solo Jember sebesar 70,1%, sedangkan sisanya yakni 29,9% dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.