STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BATIK MAGENDA TAMANAN KABUPATEN BONDOWOSO

  • Dewi Jayanti Mandasari Universitas Jember
  • Joko Widodo Universitas Jember
  • Sutrisno Djaja Universitas Jember

Abstract

Usaha Mikro Kecil Dan Menengah merupakan suatu usaha yang berperan penting dalam perekonomian nasional. Pada saat ini UMKM gencar dijalankan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang menjalankan usaha tersebut adalah Bondowoso, di sana  banyak terdapat UMKM yang didirikan, salah satunya pada bidang usaha kerajinan Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso dalam mengembangkan usahanya? dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran UMKM Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso dalam mengembangkan usahanya. Diharapkan penelitian ini memiliki manfaat secara toeritis dan praktis yang akan membantu dalam menerapakan strategi pemasaran dalam mengembangkan usaha. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskripsif, yang mana teknik penentuan tempat menggunakan metode purposive area, dalam hal ini penelitian yang menggunakan purposive sampling dalam Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan suatu usaha yang berperan penting dalam perekonomian nasional. Pada saat ini UMKM gencar dijalankan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang menjalankan usaha tersebut adalah Bondowoso, di sana  banyak terdapat UMKM yang didirikan dan melakukan penggalian data. Setelah data peroleh peneliti menganalisis data dengan melakukan Data Reduction, Data Display, Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi pemasaran 4p dapat memberikan perkembangan dalam usaha yang di jalankan oleh UMKM Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dewi Jayanti Mandasari, Universitas Jember

Program studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Joko Widodo, Universitas Jember

Program studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sutrisno Djaja, Universitas Jember

Program studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2019-04-22
How to Cite
JAYANTI MANDASARI, Dewi; WIDODO, Joko; DJAJA, Sutrisno. STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BATIK MAGENDA TAMANAN KABUPATEN BONDOWOSO. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 123-128, apr. 2019. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/10432>. Date accessed: 27 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>