PENGARUH FACEBOOK SEBAGAI SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA
Abstract
Facebook sebagai social media marketing dalam aplikasinya juga bergantung pada indikator bauran pemasaran yang terdiri atas product (produk), price (harga), place (distribusi), dan promotion (promosi). Pengguna media sosial Facebook didominasi oleh mahasiswa yang memiliki umur antara 18-24 tahun. Mahasiswa memiliki waktu yang banyak untuk mengakses informasi melalui Facebook, sehingga dengan intensitas penggunaan media sosial yang sering dilakukan dan paparan informasi tentang suatu produk, bisa menjadi penyebab mahasiswa memiliki perilaku konsumtif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Facebook sebagai social media marketing terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Adapun penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive area yakni mahasiswa Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Jember dengan jumlah responden 35 orang. Metode yang digunakan adalah analisis inferensial menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Facebook sebagai social media marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Jember. Hasil Uji F menunjukkan Fhitung = 701,628 > Ftabel = 4,139 dengan tingkat signifikansi 0,000 < a = 0,05 dengan persamaan regresi sederhana Ŷ = 1,974 + 1,476X. Hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,955, hal ini menunjukkan bahwa besarnya persentase pengaruh Facebook sebagai social media marketing terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Jember sebesar 95,5%, sedangkan sisanya yakni 4,5% dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.