STOCKREPURCHASE DAN FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

  • Ana Mufidah

Abstract

Harga saham-saham di Bursa Efek Indonesia sempat mengalami penurunan secara signifikan pada bulan Oktober 2008. Turunnya harga saham di Bursa Efek Indonesia menyebabkan Bapepamlk (Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan) mengeluarkan peraturan Nomor XI.B.3 yang di terbitkan tanggal 9 Oktober 2008 tentang pembelian kembali saham perusahaan publik. Tujuan diterbitkannya peraturan tersebut di antaranya adalahuntuk mempermudah pelaksanaan stock repurchase bagi perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia khususnya yang harga sahamnya mengalami penurunan secara signifikan, sehingga pada tahun 2008 jumlah perusahaan yang melaksanakan stock repurchase mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini ingin mengetahui PengaruhFree Cash Flow , Undervaluation serta Leverage terhadap Stock Repurchase (Studi pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia).
Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian yaitu perusahaan-perusahaan yang melaksanakan stock repurchase yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia antara tahun 2003 sampai dengan tahun 2009. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) free cesh flow, undervaluation, serta leverage berpengaruh secara simultan terhadap stock repurchase. 2) free cash flow berpengaruh secara parsial terhadap stock repurchase, sedangkan undervaluation dan leverage tidak berpengaruh secara parsial terhadap stock repurchasei. 3) free cash flow memiliki pengaruh yang paling besar terhadap stock repurchase dibandingkan dengan undervaluation, dan leverage.

Kata Kunci: stock repurchase, free cash flow,undervaluation, serta leverage.
How to Cite
MUFIDAH, Ana. STOCKREPURCHASE DAN FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, [S.l.], v. 10, n. 2, feb. 2015. ISSN 2459-9816. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1204>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.