PERATAAN PENGHASILAN DAN AKUNTANSI MANAJEMEN

  • Alwan Sri Kustono

Abstract

Akuntansi manajemen menyediakan informasi berkaitan dengan perencanaan internal dan aktivitas pengendalian yang tidak dibatasi oleh kebutuhan pelaporan eksternal. Riset-riset yang dikembangkan utamanya mengarah pada teknik pengkosan, penentuan harga jual, dan perencanaan operasional perusahaan agar berjalan dengan efektif dan efisien.
Perataan penghasilan merupakan upaya aktif manajemen untuk memanipulasi profil statemen keuangan. Upaya ini sebenarnya menggambarkan perilaku manajemen. Dalam perspektif keagenan, perilaku ini didorong oleh motif keamanan kerja serta kontrak insentif dan kompensasi.
Perataan penghasilan di Indonesia diindikasi lebih didorong motif opportunistic dibandingkan motif pensinyalan atau efisiensi. Motif ini selayaknya digali dengan lebih intensif untuk menghasilkan pemahaman menyeluruh. Akuntansi manajemen memberi peluang riset perataan penghasilan dengan memperdalam pemahaman mengenai bagaimana manajemen melakukannya dan skema kompensasi yang mendorongnya.

Kata Kunci: Perataan penghasilan, skema kompensasi, metoda pengkosan, akuntansi manajemen
How to Cite
KUSTONO, Alwan Sri. PERATAAN PENGHASILAN DAN AKUNTANSI MANAJEMEN. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, [S.l.], v. 10, n. 2, feb. 2015. ISSN 2459-9816. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1199>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.