ANALISIS BALANCED SCORECARD KINERJA PEMASARAN DEALER HONDA GARUDA JAYA MOTOR CABANG GENTENG BANYUWANGI

  • Mohamad Dimyati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pemasaran Dealer Honda Garuda Jaya Motor Cabang Genteng Banyuwangi dengan pendekatan Balanced Scorecard dalam empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik. Populasi penelitian adalah seluruh pembeli sepeda motor pada Dealer Honda Garuda Jaya Motor Cabang Genteng Banyuwangi. Sampel penelitian terdiri dari sampel eksternal perusahaan yaitu pembeli sepeda motor Honda yang membeli atau mengunjungi dealer pada waktu penelitian dilaksanakan dan sampel internal perusahaan yaitu seluruh karyawan Dealer Honda Garuda Jaya Motor Cabang Genteng Banyuwangi. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling untuk konsumen dengan jumlah 100 responden dan metode sensus untuk karyawan dengan jumlah 19 responden. Data yang dianalisis adalah data primer dan data sekunder. Model analisis data menggunakan Balanced Scorecard.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa kinerja pemasaran Dealer Honda Garuda Jaya Motor Cabang Genteng Banyuwangi dikategorikan sebagai dealer yang memiliki kategori baik. Kinerja dalam perspektif keuangan dalam keadaan baik. Perspektif pelanggan menggambarkan kepuasan konsumen yang baik. Perspektif proses bisnis internal menggambarkan keadaan yang cukup baik. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan masuk dalam kategori baik.

Kata Kunci: Balanced Scorecard, Kinerja Pemasaran
How to Cite
DIMYATI, Mohamad. ANALISIS BALANCED SCORECARD KINERJA PEMASARAN DEALER HONDA GARUDA JAYA MOTOR CABANG GENTENG BANYUWANGI. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 1, feb. 2015. ISSN 2459-9816. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1193>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.