Pengaruh Media Jam Pintar Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini

  • Hardiana Wahyuningtias Universitas Jember
  • Luh Putu Indah Budyawati Universitas Jember
  • Aisyah Nur Atika Universitas Jember

Abstract

Pendidikan merupakan aspek pentin yang bertujuan untuk membantu anak tumbuh dan berkembang. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus ditingkatkan untuk memastikan pendidikan terbaik bagi semua anak Indonesia. Bagi anak usia dini, belajar matematika sangat penting untuk perkembangan mereka. Sebuah penelitian yang dilakukan di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember menemukan bahwa anak-anak yang memiliki pemahaman konsep matematika yang kurang baik, seperti angka, dapat dipengaruhi dengan menggunakan media pintar. Penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol untuk menyelidiki dampak media pintar terhadap hasil belajar anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pintar dapat meningkatkan pengalaman belajar anak-anak dalam kelompok belajar. Media yang digunakan pada kelompok eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan kelompok kontrol, karena memungkinkan anak-anak untuk mempelajari konsep matematika dan memanipulasi angka dalam berbagai permainan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada dampak yang signifikan dari media pintar terhadap hasil belajar anak-anak dalam kelompok belajar.

References

Afandi, A. (2018). Pengaruh Media Tutup Botol Bekas Minuman Terhadap Kemampuan Membilang. Jurnal AUDI, 3(2), 80–85. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud

Ardiana, R. (2023). Implementasi Media Berbasis TIK untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 103–111. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.117

Asmara, B. (2017). Penggunaan media jam pintar dalam meningkatkan pemahaman konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok B di TK Khadijah Wonokromo Surabaya. Education and Human Development Journal, 2(1), 74–100.

Dewi, N. W. U. R., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 99–106. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/index

Fauziddin, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar di Taman Kanak - Kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusai, 1(1), 49–54.

Fedriyenti. (2012). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar di Taman Kanak-Kanak Pembina Kec. Barangin Sawahlunto. Pesona PAUD, 1(1), 1–9.

Indriani, J. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran corong pintar dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di paud sanggar anak balita Bantan Kota Pematang. Univeristas Negeri Medan.

Laiya, S. W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membilang Angka Melalui Media Jam Pintar Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kec. Kota Selatan Kota Gorontalo. Pedagogika, 9(1), 88–98. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.29

Masyhud, S. M. (2014). Metode Penelitian. Lembaga Pengembangana Manajemen Danprofesi Kependidikan (LPMPK).

Murtinisitinur, N. S., Daulay, S. Y., Tini, M. L., & Nasution, N. H. (2023). Potensi Lahiriyah Anak Usia Dini. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 3(2), 217–229. https://doi.org/10.24952/alathfal.v3i2.8045

Romlah, M., Kurniah, N., & Wembrayarli. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Kegiatan Bermain Sempoa. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 72–77.

Safitri, A. A., & Hasibuan, R. (2020). Analisis Media Pembelajaran Pohon Pintar Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Teratai, 9(2), 1.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Undang-undang. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Tahun No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal AUDHI, 4(1), 8–17. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI
Published
2024-12-31
How to Cite
WAHYUNINGTIAS, Hardiana; BUDYAWATI, Luh Putu Indah; ATIKA, Aisyah Nur. Pengaruh Media Jam Pintar Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 75-83, dec. 2024. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/53509>. Date accessed: 31 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v5i2.53509.
Section
Articles