Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatan Kualitas Layanan Pendidikan untuk Menjaga Kepercayaan Masyarakat

  • Arsyia Fajarrini Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Erni Munastiwi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Abstract

ABSTRAK


Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di berbagai daerah berkembang begitu pesat. Banyaknya lembaga Pendidikan Anak Usia Dini saat ini menjadikan meningkatnya persaingan dan upaya untuk terus meningkatkan kualitasnya agar dapat tetap menjadi layanan Pendidikan kepercayaan masyarakat. Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini perlu memperhatikan kualitas layanan pendidikannya untuk menghasilkan anak-anak yang berkualitas. Kualitas layanan pendidikan yang baik akan berdampak pada kepercayaan masyarakat terhadap lembaga tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas layanan lembaga pendidikan dalam menjaga kepercayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, cara memperoleh data menggunakan wawancara, pengamatan dan dokumentasi kepada kepala sekolah. Tiga langkah dalam menganalisis data diantaranya, mereduksi data, menyajikan data terakhir menyimpulkan data. Strategi yang digunakan kepala sekolah dalam menjaga kepercayaan Masyarakat dengan menerapkan lima dimensi kualitas layanan pendidikan diantaranya yaitu berupa kehandalan, bukti fisik berupa jasa yang dapat dilihat, daya tanggap, empati, dan jaminan. Peningkatan kualitas layanan pendidikan tersebut terlihat dari peningkatan kualitas program kegiatan dan terlaksana dengan baik, serta peningkatan jumlah peserta didik setiap tahunnya.

References

Bredekamp, S. (1997). Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs. NAEYC.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Munastiwi, E. (2019). Manajemen Lembaga PAUD Untuk Pengelola Pemula. Istana Agency Istana Publishing.

Qamari, Ika, N. (2018). Peningkatan Kualitas Layanan dan Tata Kelola Pendidikan Anak Usia DIni Kenanga Panggung Harjo, Sewon, Bantul. Jurnal Berdikari, 5(2).

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Bumi Aksara.

Yusuf, Muri, A. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Kencana.
Undang-Undang RI No 20 Tentang Sisdiknas, Pub. L. No. No.20 tahun 2003 (2003).

Nurhadi, N. (2019). History of Islamic Law on Earth Melayu Lancang Kuning Riau-Kepri. PALAPA, 7(1), 181-201
Published
2024-12-31
How to Cite
FAJARRINI, Arsyia; MUNASTIWI, Erni. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatan Kualitas Layanan Pendidikan untuk Menjaga Kepercayaan Masyarakat. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 84-91, dec. 2024. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/53307>. Date accessed: 31 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v5i2.53307.
Section
Articles