Penggunaan Pojok Baca dalam Mengembangkan Keaksaraan Awal Anak Kelompok B di TK Kusuma Jaya

  • Latania Ila Elia Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Denok Dwi Anggraini Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Suhartini Nurul Azminah suhartininurulazminah@stkipbim.ac.id
  • Nisa'el Amala Institut Agama Islam Negeri Madura

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pojok baca dalam mengembangkan keaksaraan awal kelompok B di TK Kusuma Jaya. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini yaitu kepala sekolah (pendamping guru kelas), guru kelas dan wali murid, serta hasil pengamatan peneliti di TK Kusuma Jaya. Analisis data meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian pada pengecekan keabsahan datamenggunakan perpanjangan keikutsertaan dan tringulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dalam pembelajaran pra membaca melalui pemanfaatan pojok baca pada anak kelompok B, guru meminta anak kepojok baca dan membaca buku, setelah itu merangkai huruf sesuai dengan kata yang ada di dalam buku dan melafalkannya dan saat pembelajaran guru mengambil buku di pojok baca sesuai dengan tema dan meminta anak untuk membaca yang ditunjuk guru. Kedua, dalam pembelajaran pra menulis melalui pojok baca yaitu guru meminta anak untuk kepojok baca untuk memilih buku dan merangkai kata sesuai dengan yang ada di buku dan menuliskannya dan saat pembelajaran guru mengambil buku sesuai tema dan anak menuliskan kata yang ditunjuk guru. Ketiga, faktor pendukung keaksaraan awal anak yaitu ketersediaan bahan bacaan, peran guru, peran orang tua, lingkungan, interaksi sosial, serta penghargaan dan penguat positif. Sementara faktor penghambat keaksaraan awal anak yaitu pelafalan huruf pada kata, kurangnya dukungan dari sebagian keluarga dan ketidak seimbangan perhatian dan aktivitas.

References

Amiroh, S. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Kelas IV Di Mi Taufiqiyah Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Astanti, N. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Pada Anak Usia Dini. Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Hasbi, Muhammad, dkk. (2021). Peran Orangtua Dalam Program Pembelajaran. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Huninairoh, S. (2021). Pemanfaatan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini di TK Pertiwi Desa Wangandalem Brebes. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Kemendikbud. (2017). Pengembangan keaksaraan awal pada anak usia 5 - 6 tahun melalui buku cerita budaya lokal. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 4–6. https://repositori.kemdikbud.go.id/18452/1/naskah-model-keaksaraan-digital.pdf

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2021). Peran Orang Tua Dalam Program Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Kuraesin, Cici, et al. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Kegiatan Literasi Pojok Baca, Tahun Pelajaran 2021/2022. JEGE: Jurnal Edukasi Generasi Emas, 1(1), 1-8.

Lailiyah, Tazkiatul, MalidaLely Setyati, N. E. (2023). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Proceeding, 763. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19795.

Mardiyah. (2016). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf. Jurnal Terampil, 3(2), 1-22.

Margono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Moleong. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Prastiyanti, Anita Bella, A. F. (2022). Mengembangkan Kemampuan Menulis Awal Anak Usia Dini Dengan Media Puzzle. Jurnal Incrementapedia, 2(1), 15-22.

Putra, T. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Pojok Baca Terhadap Minat Baca Siswa Mis Nurul Kamal Karang Jaya. Institut Agama Islam Negeri Curup, Bengkulu.

Raghe, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Awal Melalui Permainan Media Kotak Pintar Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah Layang Selatan Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Rakimawati, Rivda Yetti, dam S. I. (2022). Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di KecamatanV Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Early Chlidhood, 2(2), 1-11.

Savitra, N. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Di Kelas V-A Pada MIN 4 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar Raniry Darussalam Banda Aceh.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryawati, E. A. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM untuk Satuan PAUD. Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Yanah, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Permainan Kartu Huruf Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tunas Bangsa Merbau Mataram Lampung Selatan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Published
2024-12-31
How to Cite
ELIA, Latania Ila et al. Penggunaan Pojok Baca dalam Mengembangkan Keaksaraan Awal Anak Kelompok B di TK Kusuma Jaya. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 49-59, dec. 2024. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/52325>. Date accessed: 31 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v5i2.52325.
Section
Articles