Analisis Pengelolaan Manajemen Kurikulum PAUD

  • Dede Dhiyaul Auliyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lizza Suzanti Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengelolaan manajemen kurikulum di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi manajemen kurikulum yang diterapkan dan mengukur efektivitasnya dalam pengembangan karakter dan kemampuan anak usia dini. Metode yang digunakan adalah studi kasus pada beberapa lembaga PAUD di wilayah tertentu dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait manajemen kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Perencanaan yang matang, pelaksanaan yang adaptif, serta evaluasi yang terus-menerus menjadi kunci keberhasilan dalam pengelolaan kurikulum. Temuan ini juga mengungkapkan bahwa kurikulum yang dikelola dengan baik tidak hanya meningkatkan aspek kognitif dan sosial anak, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional dan fisik mereka. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa keterlibatan orang tua dan komunitas dalam proses perencanaan dan pelaksanaan kurikulum memainkan peran penting dalam meningkatkan efektivitas program pendidikan di PAUD. Hambatan yang dihadapi dalam pengelolaan kurikulum, seperti keterbatasan sumber daya dan kurangnya keterlibatan orang tua, dapat diatasi dengan strategi manajemen yang efektif dan kolaboratif. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan agar lembaga PAUD terus mengembangkan strategi manajemen kurikulum yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan anak dan lingkungan sekitar untuk mencapai hasil pendidikan yang optimal.

References

Manora, H., Khasanah, N. L., & Akip, M. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Bouseik: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–15. https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/bouseik/index
Mimin, E. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dengan Kurikulum PAUD: Strategi Mewujudkan Siswa PAUD Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 7(01), 93–104. https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i01.18336
Patria, P. R. E., & Zulkarnaen, Z. (2023). Pengelolaan Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4199–4208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4515
Putri, N. K., Hayati, Z., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan Kurikulum Kelompok Bermain. JMR: Journal of International Multidisciplinary Research, 1(1), 149–158.
Rasmani, U. E. E., Rahmawati, A., Palupi, W., Jumiatmoko, Zuhro, N. S., & Fitrianingtyas, A. (2021). Implementasi Manajemen Kurikulum pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 225–233. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i
Wulandari, R., Choirun’nisa, F. M., Aisy, N. R., & Riduan. (2022). Pengelolaan Manajemen Kurikulum Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Bunda Rosa Desa Langkan 1 Banyuasin III. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(1), 164–174.
Andini, Y. T., Atika, A. N., Tanto, O. D., & Weyara, S. (2024). Ethnopedagogy for Early Childhood in the Osing Tribe Banyuwangi Regency. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini, 05(2), 447–453.
Ardy Wiyani, N. (2022). Merdeka Belajar untuk Menumbuhkan Kearifan Lokal Berbasis Nilai Pancasila pada Lembaga PAUD. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.33830/antroposen.v1i2.3782
Azizah, E. N. (2021). Keterampilan Proses Sains Dasar Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Tatah Sungging. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 6(Februari 2021), 13–20.
Firmansyah, Hanafiah, N., & Handayani, S. (2024). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 441–455. https://doi.org/ttps://doi.org/10.58401/dirasah.v7i2.1375
Mimin, E. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dengan Kurikulum PAUD: Strategi Mewujudkan Siswa PAUD Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Golden Age, 7(01), 93–104. https://doi.org/
Rahayu, T., Hanifah, C. N., & Annisa, Y. N. (2024). Analisis Penerapan Kurmer Dalam Penguatan Nilai Kearifan Lokal Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Di Kecamatan Jatinangor. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia DIni, 2(2), 51–59.
Simanungkalit, K. E., Tampubolon, T. C., Panggabean, L., Sihite, I., & Simanjuntak, B. (2024). Pentingnya Kearifan Lokal: Meningkatkan Kualitas Kurikulum Merdeka dengan Karya Sastra. Jurnal Basicedu, 8(2), 1446–1453. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7173
Tanto, Octavian Dwi, A. H. S. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi, 4(2), 587–586. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421
Tanto, O. D. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini Dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Universitas Negeri Jakarta.
Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Keterampilan Sosial Pengrajin Tatah Sungging Cilik Kepuhsari. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 83. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2405
Zahra, F. N., Weyara, S., Saputri, D., & Widiastuti, R. Y. (2024). Pengembangan Program Parenting Pembuatan Bento Sehat Berbahan Pangan Lokal sebagai Upaya Pencegahan Stunting. Jurnal Pendidikan Anak, 13(2), 209–216.
Zebua, G. P., Lase, B. P., Bawamenewi, A., & Harefa, A. T. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10762–10770. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5872
Published
2024-12-31
How to Cite
AULIYAH, Dede Dhiyaul; SUZANTI, Lizza. Analisis Pengelolaan Manajemen Kurikulum PAUD. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 67-74, dec. 2024. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/52216>. Date accessed: 31 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v5i2.52216.
Section
Articles