Penguatan Nilai-Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini
Abstract
Dalam berperilaku moral dan agama yang baik adalah salah satu sikap dasar yang harus dimiliki seseorang. Penanaman nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini ini penting sebagai persiapan awal kehidupan. Anak ialah generasi yang dipersiapkan untuk penerus bangsa indonesia. Pembentukan sifat dan perilaku yang baik sejak dini merupakan tujuan dari penanaman nilai-nilai moral agama. Penanaman yang diajarkan kepada anak dapat menggunakan metode pengajaran yang berbeda-beda seperti bercerita, pembiasaan, dan lain-lain. Metode penelitian yang digunakan yaitu Systematic Literature Review (SLR) yang menggunakan artikel-artikel yang berkaitan dengan pokok bahasan untuk dikaji. Masih sering terjadi perilaku dan kegiatan yang menyimpang dari agama dan moral, salah satunya disebabkab karena kurangnya pembinaan agama dan moral. Dengan demikian, penting untuk menanamkan nilai-nilai agama dan moral sejak dini untuk mempersiapkan karakter yang baik di masa depan.
References
Ardiana R, & Aslindah A. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia 5-6 Taman Kanak-Kanak Al Ijtihad Samarinda. EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(1), 381–385.
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. Thufula, 5(1), 102–122.
Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Pada Taman Kanak-Kanak di Kota Metro Lampung. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 20–40.
Mubarok, A. A. S. A. Al. (2021). Alat Permainan Edukatif dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 93–114. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.10103
Nisaa, C., & Aryanti, E. (2022). Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. CERDAS: Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–10.
Nurhayati, R. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang–Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 3(2), 57–87. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.14925
Rizqina, A. L., & Suratman, B. (2020). Peran Pendidik Dalam Menanamkan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14, 18–29.
Rusdiani, N. I., Setyowati, L., Agustina, N. P., Nurleha, & Mahardhani, A. J. (2023). Penguatan Moral dan Agama Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha di TK Negeri Pembina Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 89–96.
Ruswanti, T., Yani, M. T., & Sya’dullah, A. (2024). Optimalisasi Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bercerita. Jurnal Sosiologi Pendidikan Dan Pendidikan IPS (SOSPENDIS), 2(2), 102–110.
Shaleh, M. (2023). Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 86–102. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.144
Suyadi, Destiyanti, A. Z., & Sulaikha, N. A. (2019). Perkembangan Nilai Agama-Moral Tidak Tercapai Pada Anak Usia Dasar: Studi Kasus Di Kelas Vb SD Muhammadiyah Karang Bendo Yogyakarta. Jurnal Psikologi Islam, 6(1), 1–12.
Uswatun, & Rohayati. (2023). Peran Orang Tua dalam Perkembangan Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2464–2471. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Zurqoni, & Musarofah. (2018). Penguatan Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Syamil, 6(1), 65–86.