Pengaruh Metode Permainan Estafet Kata Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini

  • Novita Dwi Nur Aliya Universitas Jember
  • Luh Putu Indah Budyawati Universitas Jember
  • Aisyah Nur Atika Universitas Jember

Abstract

Kemampuan membaca pada anak usia dini merupakan kegiatan untuk mengoptimalkan kemampuan anak seperti menambah kosakata, meningkatkan pemahaman anak, pola pikir anak, dan melatih kepandaian berkomunikasi. Disini peneliti berupaya untuk tercapainya kemampuan membaca anak dengan melakukan pembelajaran dengan permainan yaitu permainan estafet kata. Pola penelitian ini menggunakan jenis Quasi Experimental (eksperimental semu) dengan desain “Non-Equivalent Control Grup”. Nilai yang diperoleh setelah perlakuan (Posttest) pada kelompok eksperimen 79,84 dan kelompok kontrol 72,72. Berdasarkan hasil yang diperoleh kelompok dengan adanya perlakuan (eksperimen) mengalami peningkatan lebih baik apabila dibandingkan dengan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kontrol).  Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh permainan estafet kata terhadap kemampuan membaca anak usia dini.

References

Agustin, Intan Ayu. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung Anak Usia Dini Melalui Permainan Papan Logiko Pada Anak Kelompok B TK Firdaus Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara Semester 2 Tahun Ajaran 2014- 2015. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto.

Carr, Gerald A., and Eri Desmariani. Nasution. 2000. Atletik Untuk Sekolah. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Hilaliyah, Tatu. 2016. Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Membaca: Bahasa Dan Sastra Indonesia 1(2):187–94.

Mahmudah, Nurul. 2016. Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Estafet Kartu Pada Anak Kelompok A TK Perwanida I Kota Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri, Kediri.

Minasadiyah, Putri, Reski Yulina Widiastuti, Meita Restuning Tyas, Jannatin Masruroh, and Vieka Taghsyana Maghfirah. 2023. Kegiatan-Kegiatan Stimulasi Multiple Intelligences Pada Anak Usia Dini. Journal Buah Hati 10(1):40–52.

Mutiah, DIana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Nasem, Nuriawati Eka Dinata, Kurniasih, Nurjanah, and Lenny Lestari Alammy. 2023. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Plamboyan Edu (JPE) 1(1):1–14.

Pertiwi, Adharina Dian. 2016. Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak 5(1):759–64.

Pratiwi, Alifya, and Elise Muryanti. 2023. Efektivitas Permainan Estafet Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Painan Kabupaten Pesisir Selatan. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini 5(1):142–57. doi: 10.52266/Pelangi.v4i1.766.

Pratiwi, Kadek Wiwin, I. Ketut Gading, and Putu Aditya Antara. 2021. Instrumen Penilaian Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. Journal for Lesson and Learning Studies 4(1):33–38.

Retyuningsih, Nur Aliyah, and Aprilia Wahyuning Fitri. 2023. Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Journal on Teacher Education 4(3):74–78.

Rohani, Siti. 2020. Faktor-Faktor Rendahnya Kemampuan Siswa Dalam Membaca Dan Menulis Kelas IV Di SDN 85 Kota Lubuk Linggau. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Bengkulu.

Salamah, Umu. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dini Melalui Media Gambar Pada Kelompok B RA Al-Mukhlisin Tahun Ajaran 2016-2017. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.

Suyanto, Slamet. 2005. Pembelajaran Untuk Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Yanti, Winda Kartika, and Asdi Wirman. 2023. Pengaruh Permainan Estafet Modifikasi Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Di Taman Kanak-Kanak. Journal on Teacher Education 5(1):128–35.
Published
2024-06-30
How to Cite
ALIYA, Novita Dwi Nur; BUDYAWATI, Luh Putu Indah; ATIKA, Aisyah Nur. Pengaruh Metode Permainan Estafet Kata Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 30-38, june 2024. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/47819>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v5i1.47819.
Section
Articles