Pola Asuh Anak Yatim Piatu di Yayasan Panti Asuhan Jendela Langit Semesta
Abstract
Pola asuh merupakan gaya pengasuhan orang tua terhadap anaknya di dalam sebuah keluarga, namun akan berbeda keadaan jika pola asuh diterapkan pada sebuah lembaga kesejahteraan sosial anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan gaya pengasuhan anak yatim piatu yang di asuh oleh orang lain dan dengan latar belakang kehidupan yang berbeda beda, dan pola pengasuhan yang digunakan dapat berdampak pada anak, juga untuk mengetahui perbedaan yang menonjol dari ketiga anak yang diteliti di Yayasan Panti Asuhan Jendela Langit Semesta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data wawancara semi terstruktur dan observasi disertai dokumentasi. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak tiga dari 78 anak, di Yayasan Panti Asuhan Jendela Langit Semesta terdiri dari anak yang berusia tiga tahun sampai dengan usia dua puluh tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak ketiga dengan pola asuh demokratis yang memiliki kelekatan lebih erat dengan pengasuhnya dapat membentuk karakter yang lebih cerdas dan berprestasi karena dampak dari kelekatan yang baik akan menumbuhkan rasa semangat serta motivasi belajar yang tinggi sehingga mampu mencetak prestasi lebih banyak daripada yang lain. Pola pengasuhan yang diterapkan tersebut dapat membantu anak berkembang sesuai minat dan bakatnya serta menciptakan berbagai macam prestasi.
References
Adek, A. 2022. Pemberdayaan Kemandirian Anak Yatim Panti Asuhan Muhammadiyah Pasar Ambacang Kuranji Padang. Jurnal An-Nasyr, 9(1), 16–35.
Adpriyadi, A., & Sudarto, S. 2020. Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Pengembangan Potensi Diri Dan Karakter Anak Usia Dini. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 26–38. https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.572
Chan, F., Kurniawan, A. R., Kalila, S., Amalia, F., Apriliani, D., & Herdana, S. V. 2020. Dampak Bullying Terhadap Percaya Diri Peserta Didik Sekolah Dasar. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 152–157. https://doi.org/10.24903/pm.v4i2.347
Erna Atiwi Jaya Esti, & Sri Rahayu, Y. 2021. Pemberdayaan Kaum Dhuafa Binaan Panti Asuhan Mawaddah Wa Rohmah melalui Industri Skala Rumahan. Soeropati, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.35891/js.v4i1.2509
Fadli, M. R. 2021. Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fajriati, N. 2022. SIBLING RIVALRY DALAM KISAH AL- QUR ’ AN (Kajian Tafsir Tematik). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 1(089), 1–45.
Fany, T., Silitonga, C., Purnama, W., Simatupang, S., & Ginting, L. C. 2023. Peran Panti Asuhan Yayasan Rumah Bakti Kasih Anak Indonesia dalam Membentuk Karakter Anak Panti. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i1.1461
Fitriah, H. N., & Jahada, J. 2020. Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 106–114. https://doi.org/10.36709/bening.v5i2.13361
Handayani, R., Purbasari, I., & Setiawan, D. 2020. Tipe-Tipe Pola Asuh Dalam Pendidikan Keluarga. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 16–23. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4223
Hasanah, S., & Idris. 2022. Dampak Pola Asuh terhadap Pembentukan Perilaku Anak TKW. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 4(1), 24–35.
Idris, M. S. 2018. Sibling Rivalry dan Penanganannya (Studi Kasus Pada Salah Satu Keluarga di Kota Makassar). Psikologi, 1–12. http://eprints.unm.ac.id/13056/1/jurnal tesis said.pdf
Karyadiputra, E., Mahalisa, G., Sidik, A., & Wathani, M. R. 2019. Pengembangan Kreativitas Anak Asuh Berbasis Ti Dalam Menanamkan Nilai Wirausaha Pada Asrama Putera Panti Asuhan Yatim Piatu Dan Dhu’Afa Yayasan Al-Ashr Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 4(2), 186–190. https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v4i2.1956
Lisa, K. H., Anizar, A., & Dina, A. 2020. Pola Pengasuhan Anakmdi Panti Asuhan Desa Lamreung Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(34–44), 12–59.
Marintan Marintan, D., & Priyanti, N. Y. 2022. Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3114
Meitarani, L. 2019. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Tari Kreatif Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Assaid Larangan. Instruksional, 1(1), 32. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.32-42
Muhadi, A. I. 2019. Hubungan Pola Asuh Demokrasi Terhadap Kemandirian Anak Di Taman Kanak-kanak El-Hijaa Tambak Sari Surabaya. Online Universitas Muhammadiyah Surabaya, 4, 1–17. https://core.ac.uk/download/pdf/229569061.pdf
Pangaribuan, H., Supriadi, S., Arifuddin, A., Jurana, J., Supetran, I. W., Patompo, F. D., & Lenny, L. 2022. Edukasi Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah dan Pelaksanaan Kelompok Terapeutik di SD Pesantren Hidayatullah Tondo: (Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat). Jurnal Kolaboratif Sains, 5(1), 52–67. https://doi.org/10.56338/jks.v5i1.2187
Pertiwi, R. G., & Nrh, F. 2018. Hubungan Antara Sibling Rivalry Dengan Psychological Well-Being Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 12 Semarang. Jurnal Empati, 7(4), 143–151. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/23437
Psikologi, J., & Ina Savira Jurusan Psikologi, S. 2022. Hubungan Antara Pola Asuh dengan Sibling Rivalry pada Remaja dengan Jenis Kelamin Sebagai Variabel Moderator. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(2), 102–112.
Rohmania, A., Setiawan, D., & Khamdun, K. 2021. Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1610. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8237
Said, I., & Hadi, P. 2021. Sibling rivalry and its management (A case study of a family in makassar). Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 6(2), 35–41. https://doi.org/10.26858/jppk.v6i2.5977
Sonia, G., & Apsari, N. C. 2020. Pola Asuh Yang Berbeda-Beda Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 128. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27453
Tasya, N. A. 2020. Hubungan Favoritisme Orang Tua Dengan Sibling Rivakry. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 1–8.
Ulkhatiata, I. T., & Diana, R. R. 2023. Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. 5(1), 1–15.
https://www.academia.edu/36695300/POLA_ASUH_ORANG_TUA_DALAM_MENANAMKAN_PENDIDIKAN_MORAL_PADA_ANAK_USIA_DINI
Zahroh, R. S. 2021. Implementasi Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini. Prosiding Loka Karya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo“Pengembangan Potensi Anak Usia Dini”Tahun 2021, 1–13.
Zumroh, N. 2020. Fasilitas Tinjauan Umum Panti Asuhan dan Keterlantaran Anak Masalah Kesejahteraan Sosial yang Terjadi di Yogyakarta. 15–31.