Perspektif Islam (Pendapat Ali Bin Abi Thalib) Tentang Pendidikan Anak
Abstract
Ali Bin Abi Thalib memiliki perspektif mengenai pendidikan anak menurut Islam yang mana pada usia 0-7 tahun hendaknya diberlakukan sebagaimana seorang raja. Karena hal tersebut, penelitian ini bertujuan melihat kesesuaian perspektif Ali Bin Abi Thalib dengan tahap dan kebutuhan anak sesuai dengan perspektif yang lain. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka atau kajian literatur. Literatur yang digunakan mulai dari buku, jurnal, artikel, dan porseding. Literatur yang telah ditelaah kemudian disusun sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dilihat. Hasil dari kajian literatur yang dilakukan menunjukkan bahwsanya Perspektif Ali Bin Abi Thalib mengenai pendidikan anak dalam Islam sejalan dengan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh ahli, salah satunya Jean Piaget. Masa pertumbuhan anak menjadikan awal yang menentukan bagaimana seorang individu anak nantinya akan tumbuh dewasa, mulai dari fisik, psikis, dan karakter. Pemahaman menurut Ali Bin Abi Thalib yang mengarahkan mendidikan anak pada usia 0-7 tahun sebagaimana seorang raja menjadikan benar adanya dengan didukung literatur-literatur yang ada. Bahwasanya, pada usia tersebut adalah masa pertumbuhan dan perkembangan anak yang begitu cepat sehingga membutuhkan pemberian pendidikan yang mengayomi, melayani, dan sesuai kebutuhan sebagaimana seorang raja diperlakukan.
References
Agustina, Nora. 2018. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. Deepublish.
Anditiasari, Nungki & Dewi, Nuriana Rachmani. 2021. Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun Di Brebes. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 6(1): 98-99
Andriyaningrum, Vema dkk. 2023. Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional, Hasil Penelitian, Pengabdian, Diseminasi IKIP PGRI Bojonegoro. 11 Januari 2023.
Gunarti, Winda dkk. 2018. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan. Universitas Terbuka.
Hidayah, Ulil. 2021. Makna Ibu Sebagai Madrasah Pertama Dalam Pendidikan Keluarga Perspektif Studi Gender. EGALITA: Jurnal Kesetaraan dan Keadilan Gender. 16(2): 35-36
Kasmantoni, & Apriyani. 2023. Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Tokoh Islam Ali bin Abi Thalib dan Relevansinya di Era Kontemporer. Indonesian Journal of Character Education Research, 34-47.
Khakim, Arif Rohman & Hidayah, Nurul. 2022. Tahapan Mendidik Anak Menurut Ali Bin Abi Thalib dan Relevensinya di Era Modern. Journal of Education and Management Studies. 5(2): 16-19
Nugraheni dan Suparno. 2023. Pengaruh Profil Guru PAUD terhadap Penguasaan STPPA. Jurnal Obsesi. 7(4): 4122-4124.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. 14 Oktober 2014. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 1668. Jakarta.
Smith, Sarah Ockwell. 2021. Gentle Discipline (Rahasia Mendisiplinkan Anak Tanpa Ancaman dan Hukuman). Yogyakarta. PT. Bentang Pustaka
Sumardi, Pip. 2020. Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Ali Bin Abi Thalib Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah. GHAITSA: Islamic Education Journal. 1(3):205
Suryana, Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta. Pernada Media.
‘Ulwan, Abdullah Nashih. 2016. Pendidikan Anak Dalam Islam. Jawa Tengah. Insan Kamil Solo.
Undang-Undang Republik Indonesia. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301. Jakarta.
Wellek, Rene, dkk. 1956. Theory of literature. New York. Harcount, Brace & Word.
Wiyani, Novan A. 2020. Dasar-Dasar Manajemen PAUD. Yogyakarta. Arruzz Media.