Implementasi Kurikulum Merdeka pada Satuan PAUD

  • Amanah Rahma Ningtyas Institut Agama Islam Negeri Curup
  • H.M Taufik Amrillah Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Muksal Mina Putra Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Meri Hartati Institut Agama Islam Negeri Curup

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pentingnya menerapkan kurikulum merdeka, terutama mengingat bahwa pada tahun 2024, semua satuan lembaga diwajibkan untuk menerapkan kurikulum tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan konsep implementasi kurikulum merdeka di Raudhotul Athfal (RA) Ummatan Wahidah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan, dengan teknik pengumpulan data melibatkan kajian beberapa artikel yang relevan dengan topik penelitian mengenai implementasi kurikulum merdeka.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan kurikulum merdeka memerlukan pemahaman yang mendalam terhadap konsep dan struktur kurikulum. Konsep terpenting dalam kurikulum merdeka di satuan RA adalah pembentukan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin. Profil pelajar pancasila mencakup beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, mandiri, bergotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.Sementara itu, profil pelajar rahmatan lil alamin melibatkan berkeadaban (ta’addub), keteladanan (qudwah), kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah), mengambil jalan tengah (tawassuṭ), berimbang (tawāzun), lurus dan tegas (I’tidāl), kesetaraan (musāwah), musyawarah (syūra), toleransi (tasāmuh), serta dinamis dan inovatif (taṭawwur wa ibtikār).

References

A. T. Daga. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. J. Educ. FKIP UNMA, 7, no. doi: 10.31949/educatio.v7i3.1279.

Akkas, M., & Suryawati, E. A. (2021). Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-dasar Literasi & STEAM.

Alimuddin, A. M., & Y. (2020). Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2, 113–122. http://conference.kuis.edu.my/pasak2017/images/prosiding/nilaisejagat/10-MAAD-AHMAD.pdf

Angrosino, M., & Rosenberg, J. (2011). Observations on observation. The Sage Handbook of Qualitative Research.

Asrohah, H., Hasanah, M., Yuliantina, I., Hasan, M. A., & Ambarwati, A. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin. Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 1–70.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

Devy, F. A. dan Utomo, A. P. Y. (2021). Journal Of Education And Technology. ISSN : 259.

Eka Retnaningsih, L., & Patilima, S. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158.

Fathan, R. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Covid-19. In Junalposmedia.Com. http://jurnalposmedia.com/hardiknas-2020-merdeka-belajar-ditengah-covid-19/

Helista, C. N., Puspitasari, O., Prima, S. A., & Anggraini, Y. D. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri.

Jayawardana, H. B. ., Noviyanti, A. I., Hidayanto, N. E., & Gita, R. S. D. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Fase Fondasi. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(1), 8–15. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i1.710

KemendikbudristekNo.09. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021).

Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda Implementation of Independent Curriculum through Project Based Learning at Nurul Falah and Ar-Rasyid Banda Integrated Playgroup. 8, 17–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769

Lestariningrum, A. (n.d.). Konsep Pembelajaran Terdefirensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD. 179–184.

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur.

Muttaqin, M. A., Khairiah, D., Hasbullah, M., Ponorogo, U. M., Syekh, U. I. N., Hasan, A., & Addary, A. (2023). PONOROGO. 3(1).

Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., & Suharti, L. (2023). COMPETITIVE : Journal of Education Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. 2(3), 201–211.

Sahri, N. (2021). Menyenangkan Berbasis Steam Bagi Guru Paud Se-Kecamatan Gunung Kijang. 5(2), 441–459.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).
Published
2024-02-01
How to Cite
NINGTYAS, Amanah Rahma et al. Implementasi Kurikulum Merdeka pada Satuan PAUD. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 81-92, feb. 2024. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/44312>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v4i2.44312.
Section
Articles