Komunikasi Efektif pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak

  • Luthfiah Dwi Rahmani Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Hery Setiyatna Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Abstract

Komunikasi efektif adalah salah satu aspek penunjang unsur perkembangan bahasa bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk komunikasi efektif pada anak usia dini di jenjang Taman Kanak-kanak. Metode penelitian menggunakan studi literatur dengan beberapa artikel penelitian terkait. Proses pengkajian artikel dilakukan dengan proses pengumpulan artikel yang di telusuri melalui google search. Hasilnya, sebanyak 10 artikel dikaji dan dibahas terkait; macam-macam komunikasi efektif, bentuk penunjang komunikasi efektif, dan faktor-faktor komunikasi efektif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh keterampilan komunikasi yang efektif bagi anak usia dini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan Bahasa, meningkatkan kualitas hubungan intrapersonal, dan sebagai wujud menghindari konflik. Oleh sebab itu, penting dilakukan stimulasi komunikasi yang efektif pada anak sejak dini.

References

Andrianto, Dedy. 2011. Komunikasi dengan AUD. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional.

Azharinie, N.Z., Yuliana, N. 2023. Pola Komunikasi Guru Dalam Membangun Hubungan Emosional Dengan Anak TK. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial. 2(3): 112-132.

Baharuddin. 2022. Membangun Komunikasi Efektif Dalam Penerapan Nilai-Nilai Agama Pada Anak. Tarbiyatul-Auald: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak. 8(2):17-33.

Bahri, Husnul. 2018. Strategi Komunikasi Terhadap Anak Usia Dini. Nuansa. 11 (1): 48-57.

Effendy, Onong Uchjana. 2004. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.

Faisal, Vava I, A. 2019. Impementasi Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di Tk Rumah Citta Yogyakarta. Jurnal Al Qolam. 20(1): 2548-4362.

Ginanjar, Agustian. 2008. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual. Jakarta: Penerbit Arga.

Haingu, R, M., Leda, R. 2021. Workhsop Tentang Media Belajar Dan Komunikasi Yang Baik Bagi Anak Usia Dini Pada Tk Tunas Harapan Weetebula di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian 2021, “Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19”. 651-657.

Hurlock, Elizabeth., 1978. Perkembangan Anak; Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Jalaluddin, Rakhmat. 1994. Psikologi Komunikasi. PT. Remaja Karya, Bandung.

Kornelia E., Fadillah, Sutarmanto, 2020. Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal FKIP UNTAN, 1-10.

Miftah. 2008. Strategi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran. Jurnal Teknodik. 12 (2): 84-94.

Putra, A., Patmaningrum, D. A. 2018. Pengaruh Youtube di Smartphone Terhadap Perkembangan Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi. 21 (2): 159-172.

Tanjung, P, S., Izzati., Hartati. S. 2020. Pengaruh Pola Komunikasi Verbal Orang Tua Terhadap kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. 4(3): 3380-3386.
Published
2024-01-12
How to Cite
RAHMANI, Luthfiah Dwi; SETIYATNA, Hery. Komunikasi Efektif pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 73-80, jan. 2024. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/43964>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v4i2.43964.
Section
Articles