Studi Multi Kasus Perilaku Moral Anak Usia 5-6 Tahun Pada Paud Tahfidz dan PAUD Non-Tahfidz di Kota Tarakan

  • Nurwahida Nurwahida Universitas Negeri Malang

Abstract

Penelitian ini berangkat dari semakin banyaknya orangtua yang memasukkan anaknya ke sekolah tahfidz dengan harapan anaknya memiliki perilaku agamis dan moral yang baik. Pada observasi awal, peneliti mendapati perilaku unik pada salah satu anak yang bersekolah di PAUD tahfidz. Perilaku unik yang muncul ialah sikap anak yang sangat tenang daripada anak sebayanya serta sikap tanggungjawab yang sangat tinggi pada diri anak, anak sangat patuh pada perintah dan larangan yang diberikan oleh orangtuanya, dan masih banyak lagi. Tujuan penelitian ini guna untuk mengetahui gambaran perilaku moral anak, faktor yang mempengaruhi perilaku moral tersebut serta bentuk perbedaan perilaku moral anak usia 5-6 tahun pada PAUD tahfidz dan PAUD non-tahfidz di kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi multi kasus dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian masing-masing seorang anak dari PAUD tahfidz dan PAUD non-tahfidz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku moral yang muncul pada yaitu perilaku patuh dan menghormati orangtua, jujur, tanggungjawab, adil, menghormati orang lain, belas kasih, disiplin, mandiri, toleransi, kontrol diri, berani, sopan dan santun dalam perbuatan dan perkataan. Perilaku-perilaku tersebut muncul secara berbeda pada kedua subjek. Perbedaan ini utamanya dipengaruhi oleh faktor keluarga dan sekolah

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell. J. W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Imamah, Zakiyatul. 2019. Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga Perkotaan (Studi Kasus Anak Usia Dini di RW 03 Kelurahan Randusari Kota Semarang). Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. 2019. Keterlibatan Orang Tua DALAM Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(1): 214.

Khaidir, Eniwati. 2015. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswi Madrasah Aliyah (Ma) Yayasan Diniyah Puteri Pekanbaru. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender. 14(1): 77.

Komaruddin Hidayat dan M. Wahyuni Nafis. 2003. Agama Masa Depan: Perspektif Filsafat Perennial. Jakarta: Gramedia.

Lickona, Thomas. 2004. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Miles, M. B. & Huberman, A.M. 2014. Analisis Data Kualitatif (Penerjemah: Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: Universita Indonesia.

Munfarida, Ana. 2016. Implementasi Tahfidz Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar (Studi Multi Situs di SDI Qurrota A’yun Beji Ngunut dan SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung). Tesis. Tulungagung: Pascasarjana Ilmu Pendidikan Dasar Islam IAIN Tulungagung.

Nauli, V. A., Karnadi, K., & Meilani, S. M. 2019. Peran Ibu Pedagang Pasar 24 Jam Terhadap Perkembangan Moral Anak (Penelitian Studi Kasus di Kota Bekasi). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(1): 241.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. 14 Oktober 2014. Jakarta.

Permata Ashfi, W. W. 2016. Status Ibu Dan Pengaruhnya Dalam Kecerdasan Moral Anak Pra-Sekolah. Jurnal Indigenous. 1(2): 62–70.

Pranoto, Y. K. S., & Khamidun, K. 2019. Kecerdasan Moral: Studi Perbandingan pada Anak Usia 4-6 Tahun Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana. PROSNAMPAS: 2(1): 498-511.

Putranto, Setyo Dwi. 2016. Sistem Pendidikan Islam Model Kuttab (Studi Kasus di Kuttab Al-Fatih Malang). Skripsi. Malang: Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ramli, Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. http://ramlimpd.blogspot.com/ 2010/ 10/pembelajaran-untuk-anak-usia-dini.html. [Diakses pada 3 Februari 2021].

Shobirin, Muhammad. 2018. Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami. Quality: Journal of Empirical Research in Islamic Education. 6(1): 25.

Soenarjati. 1989. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Aadani.

Tim Peneliti Balai Penelitian dan Pengembangan Agama. 2008. Paradigma Baru Pembelajaran Keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta.

Wuryandani, W. 2010. Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran untuk Menanamkan Nasionalisme di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNY.

Yani, I. E., & Indrawati. 2014. Persepsi Orangtua tentang PAUD (Studi Yayasan Bina Insan Mandiri Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru). Jurnal Mahasiswa Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(1).
Published
2022-12-31
How to Cite
NURWAHIDA, Nurwahida. Studi Multi Kasus Perilaku Moral Anak Usia 5-6 Tahun Pada Paud Tahfidz dan PAUD Non-Tahfidz di Kota Tarakan. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 35-45, dec. 2022. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/41656>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v3i1.41656.
Section
Articles