Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Tradisional “Bhisek”

  • Anis Kurlillah Universitas Trunojoyo Madura
  • Nurul Maulidiya Agustina Universitas Trunojoyo Madura
  • Raudhatul Insani Oktavianti Universitas Trunojoyo Madura
  • Rosa Damayanti Universitas Trunojoyo Madura
  • Erni Istiyarni Universitas Trunojoyo Madura
  • Dinda Lola Olivia Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Perkembangan anak pada fisik motorik adalah hal yang penting sehngga  perlu diberikan stimulus salah satunya melalui permainan tradisional bhisek atau yang biasa disebut dengan permainan sunda manda. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran permainan tradisional bhisek dapat melatih kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Bunda Desa Tunjung Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Metode penelitian ini menggunakan jenis peneltian deskriptif kualitatif, subyek dalam penelitian ini adalah anak didik dengan rentang usia 5-6 tahun di TK Bunda dengan jumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa anak yang terbiasa melakukan permainan bhisek memiliki perkembangan motorik kasar yang lebih baik hal ini karena terpenuhinya beberapa indikator yaitu anak mampu melempar gaco ke wilayah yang dituju, melompat dengan satu kaki tanpa terjatuh, dan tidak menginjak garis saat melompat. Permainan tradisional bhisek dapat digunakan untuk menstimulasi perkembangan motorik kasar pada anak dengan melakukan gerakan yang terarah, terstruktur guna melatih keseimbangan, daya tahan, dan kekuatan anak.

References

Andini, Y. T. 2023. Implementation Of The Leaky Pipe Game For Early Childhood Cooperation Skills. Incare, International Journal Of Educational Resources. 4(2): 201-206.

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayuni, Qurrotul. 2018. Penerapan Metode Bercerita dalam Pengembangan Kecerdasan Linguistik di PAUD DWP IAIN Surakarta. Buana Gender. 3(2): 143-151.

Farida, Aida. 2016. Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhah. 4(2): 1-10.

Haibach-Beach, P., Reid, G. D., & Collier, D. H. 2018. Motor Learning and Development (2nd ed.). Human Kinetics.

Masitoh dkk. 2012. Strategi Pembelajaran TK. Banten: Universitas Terbuka.

Nurani, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Reswari, Ardhana., dkk. 2022. Perkembangan Fisik Motorik Anak. Pasaman Barat: CV. Azka Pustaka
Sage, George H, 1984. Motor Learning and Control A Neuropsychological Approach. USA: Wm. C. Brown Publishers.

Samsiatiningsih., Simatupang, Nurhenti Doelina. 2015. Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Melompat Bentuk pada Kelompok A. PAUD Teratai. 4(2): 1-6.

Soemarti, Patmonodewo. 2008. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Syamsu, Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2024-01-07
How to Cite
KURLILLAH, Anis et al. Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Tradisional “Bhisek”. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 66-72, jan. 2024. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/40461>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v4i2.40461.
Section
Articles