Pengaruh Media Pembelajaraan “Pom Pom Activity” Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Kelompok Bermain

  • Endang Puspitasari Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Roudlotun Ni'mah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Lilik Rusdiana Efidah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  bermain pom  pom  activity terhadap perkembangan kognitif pada anak usia 3-4 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Pre-eksperimental dengan desain One Grup Pretest-Posttest. Penggunaan media pom pom activity dapat   menjadi   salah   satu   alternatif   media   pembelajaran.   Aspek   perkembangan   yang   dapat dikembangkan  melalui pom  pom  activity yaitu aspek  perkembangan  kognitif  anak.  Penelitian  ini dilaksanakan  di  kelompok  bermain  Tanwirul  Qulub  Kepohbaru,  Bojonegoro.  Populasi  dalam penelitian  ini  berjumlah  18  anak  yang  ada  pada Kelompok  bermain Tanwirul  Qulub  Kepohbaru Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen, Metode yang digunakan  adalah  metode pre-Eksperimental  Design,yang  berbentuk One  Grup  Pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakanan analisis uji non parametric dan  uji  regresi  sederhana.  Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  media Pom  Pom activity berpengaruh  terhadap  kemampuan  mengenal  warna  anak  usia  3-4  tahun.  Sebelum  diberi aktivitas  bermain  media pom  pom  ativity dan  sesudah  diberi  aktivitas  bermain  media pom  pom activity

References

Amini, Mukti.2014. Hakikat Anak Usia Dini, Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia

Amirullah, 2015. ‘Populasi Dan Sampel (Pemahaman, Jenis Dan Teknik)’, Bayumedia Publishing Malang, 17.1993 (2015), 100– 108https://doi.org/10.1007/BF00353157

Arikunto, Suharsimi,2013. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta,

Balai Diklat Keagamaan Jakarta, Widyaiswara, Jl Rawa Kuning Pulo Gebang Cagung, and Jakarta Timur, 2014. ‘Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Iwan Falahudin A. Pendahuluan’, 4, 104 www.juliwi.com

Dewi, Kurnia, 2017. ‘Pentingnya Media Pembelajaran’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1.2, 1–96

Elfiadi, 2016.‘Bermain Dan Permainan’, Bermain Dan Permainan. Jakarta,VII.1, 51–60

Fatimah, Ibda, 2015. ‘Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget’, Jurnal Intelektualita, 3.1, 27–38

Fauziddin, Mohammad, and Mufarizuddin Mufarizuddin, 2018. ‘Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2.2 (2018), 162 Ii, 2018.B A B, A Deskripsi Teori, and Peran Orang Tua, ‘Peran Orang Tua Terhadap Anak’, 1.September , 11–37

Maimunah, Maimunah, 2016 .‘metode penggunaan media pembelajaran’, Al Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5.1https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107

Mundir, 2013.Statistik Pendidikan:pengatar Analisis Data Untuk Penulisan SKripsi dan Tesis Jember:Pustaka Pelajar.

Martani, Wisjnu, 2012 .‘Metode Stimulasi Dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini’, Jurnal Psikologi, 39.1, 112–20

Novi Mulyani, 2018.Perkembangan Dasar Anak Usia Dini,Yogyakarta:Gava Medika.

Sugiyono, 2010.Statistik untuk Pendidikan, Bandung: Alfabeta,.

Sumadi Suryabrata, 1987.Metode Penelitian, Jakarta: Rajawali.

Suparno, Paul, 2001. ‘Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget’, 6.1, 89–99

Sugiyono,2010. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta,

Syofian Siregar,2013. Metode Penelitian Kuantitatif,Jakarta:Prenadamedia Grup.

Yuliani Nurani Sujiono, 2012. ‘Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini’ Jakarta: PT Indeks.
Published
2022-06-30
How to Cite
PUSPITASARI, Endang; NI'MAH, Roudlotun; EFIDAH, Lilik Rusdiana. Pengaruh Media Pembelajaraan “Pom Pom Activity” Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Kelompok Bermain. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 17-25, june 2022. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/30322>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v3i1.30322.
Section
Articles