Pengaruh Media Pembelajaraan “Pom Pom Activity” Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Kelompok Bermain
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain pom pom activity terhadap perkembangan kognitif pada anak usia 3-4 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Pre-eksperimental dengan desain One Grup Pretest-Posttest. Penggunaan media pom pom activity dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran. Aspek perkembangan yang dapat dikembangkan melalui pom pom activity yaitu aspek perkembangan kognitif anak. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok bermain Tanwirul Qulub Kepohbaru, Bojonegoro. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 18 anak yang ada pada Kelompok bermain Tanwirul Qulub Kepohbaru Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen, Metode yang digunakan adalah metode pre-Eksperimental Design,yang berbentuk One Grup Pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakanan analisis uji non parametric dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Pom Pom activity berpengaruh terhadap kemampuan mengenal warna anak usia 3-4 tahun. Sebelum diberi aktivitas bermain media pom pom ativity dan sesudah diberi aktivitas bermain media pom pom activity
References
Amirullah, 2015. ‘Populasi Dan Sampel (Pemahaman, Jenis Dan Teknik)’, Bayumedia Publishing Malang, 17.1993 (2015), 100– 108https://doi.org/10.1007/BF00353157
Arikunto, Suharsimi,2013. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta,
Balai Diklat Keagamaan Jakarta, Widyaiswara, Jl Rawa Kuning Pulo Gebang Cagung, and Jakarta Timur, 2014. ‘Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Iwan Falahudin A. Pendahuluan’, 4, 104 www.juliwi.com
Dewi, Kurnia, 2017. ‘Pentingnya Media Pembelajaran’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1.2, 1–96
Elfiadi, 2016.‘Bermain Dan Permainan’, Bermain Dan Permainan. Jakarta,VII.1, 51–60
Fatimah, Ibda, 2015. ‘Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget’, Jurnal Intelektualita, 3.1, 27–38
Fauziddin, Mohammad, and Mufarizuddin Mufarizuddin, 2018. ‘Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2.2 (2018), 162
Maimunah, Maimunah, 2016 .‘metode penggunaan media pembelajaran’, Al Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5.1https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107
Mundir, 2013.Statistik Pendidikan:pengatar Analisis Data Untuk Penulisan SKripsi dan Tesis Jember:Pustaka Pelajar.
Martani, Wisjnu, 2012 .‘Metode Stimulasi Dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini’, Jurnal Psikologi, 39.1, 112–20
Novi Mulyani, 2018.Perkembangan Dasar Anak Usia Dini,Yogyakarta:Gava Medika.
Sugiyono, 2010.Statistik untuk Pendidikan, Bandung: Alfabeta,.
Sumadi Suryabrata, 1987.Metode Penelitian, Jakarta: Rajawali.
Suparno, Paul, 2001. ‘Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget’, 6.1, 89–99
Sugiyono,2010. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta,
Syofian Siregar,2013. Metode Penelitian Kuantitatif,Jakarta:Prenadamedia Grup.
Yuliani Nurani Sujiono, 2012. ‘Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini’ Jakarta: PT Indeks.