Preferensi Visual Style Karakter Paruman Pada Anak

  • Nashiruddin Alfath Universitas Bina Nusantara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  menguji coba visual style  Karakter Paruman yang disukai oleh siswa  SD kelas 5 umur 10-12 tahun yang berjumlah 70 siswa. Karakter Paruman telah didesain dengan 3 variant style, masing-masing diberikan kode yaitu A1, A2 dan A3 untuk  karakter  Alam, R1, R2, R3 untuk karakter Rey lee. S1, S2, dan S3 untuk karakter Salsabila,  sehingga semua style  berjumlah 9 kartu.  Kartu diberikan  secara tertutup  di atas meja dan siswa  diminta untuk memilih karakter mana yang paling disukai dari 3 variant selama 20 menit.  Karakter yang dipilih atau paling disukai oleh siswa dicatat.  Hasil penelitian menyimpulkan bahwa   visual style karakter Paruman  yag paling   disukai  oleh siswa SD yaitu kode  A2, R3,dan S2.

References

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Kelasanimasi.com. Desain karakter dari https://kelasanimasi.com/tips-membuat-desain-karakter-yang-baik/

Richards. 2007. Outdated Relics on Hallowed Ground: Unearthing Attitudes and Beliefs about Young Childrend’s Art‛. Australian Journal of Early Childhood, Vol. 32, No. 4, page 22-30.

Sugiarto, Eko. 2004. ,Ekspresi Visual Anak: Representasi Interaksi Anak dengan Lingkungan dalam Konteks Ekologi Budaya. Mimbar Sekolah Dasar, Vol. 1, No. 1, hl 1-6.

World Health Organization. 2009‎. Children's environmental health indicators. World Health Organization. https://apps.who.int/iris/handle/10665/337016
Published
2021-12-31
How to Cite
ALFATH, Nashiruddin. Preferensi Visual Style Karakter Paruman Pada Anak. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 56-58, dec. 2021. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/28403>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v2i2.28403.
Section
Articles