Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan manajemen kegiatan ekstrakurikuler tari di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen kegiatan ekstrakurikuler tari di TK Kartika IV-73 dilakukan dengan beberapa tahap yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan dilakukan di awal semester dengan mengadakan rapat intern yang diikuti oleh kepala sekolah dan guru kegiatan ekstrakurikuler tari yang membahas tentang rencana tarian dan pendanaan. Tahap pengorganisasian dilakukan oleh kepala sekolah dengan memilih guru kegiatan ekstrakurikuler tari sebagai penanggung jawab pada kegiatan ekstrakurikuler tari. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler tari secara rutin tiga kali dalam seminggu dengan menggunakan musik yang gembira, gerakan yang sederhana dan memilih tari yang sesuai dengan tema. Tahap terakhir yaitu evaluasi dengan mengadakan rapat evaluasi di akhir semester yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru kegiatan ekstrakurikuler melalui pengawasan dan pengamatan. Hasil dari evaluasi dapat dijadikan pembinaan oleh kepala sekolah dan guru kegiatan ekstrakurikuler tari sehingga dapat memanajemen kegiatan ekstrakurikuler tari.
References
Daryanto. 2013. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Kompri. 2017. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Kusmiati, E. ; Soro, S. H. 2020. Efektivitas Implementasi Manajemen Program Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Nusantara Education Review, 3 (2). 109-120
Maulidiyah, I. 2014. Manajemen Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Sekolah Berwawasan Lingkungan di SMA 3 Annuqayah Guluk-guluk Sumenep. Tesis. Malang: Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Mulyani. 2016. Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Mulyani, 2017. Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhidayati. 2018. Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di TK Islam Plus Mutiara Bangutapan Yogyakarta. Jurnal Al Athfal. 1 (2). 94-111
Sujiono. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Taufik, R. 2015. Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Pengembangan Karakter. Mapen: Jurnal Manajemen Pendidikan. 9 (4). 494-504
Utami, W.T.; Yeni, I.; Yaswinda. 2019. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Tradisional di Taman Kanak-kanak Sani Ashila Padang. Jurnal Ilmiah Potensia. 4 (2). 87-94