Analisis Permainan Visic (Visual Spatial Of Rubic) dalam Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 4-5 Tahun
Abstract
Visual Spasial merupakan salah satu kecerdasan yang memungkinkan anak memahami informasi dalam bentuk gambar lebih baik daripada teks Untuk menstimulasi visual spasial anak di TK Dharma Wanita II Tempurejo digunakan permainan VISIC (Visual Spatial of Rubic),yakni permainan yang menggunakan bangun terdiri dari 4 bagian permainan. Pada bagian pertama rubik terdapat warna-warna yang berbeda. Pada bagian kedua rubik terdapat permainan untuk mencari jalan. Pada bagian ketiga terdapat papan tulis kecil untuk anak menggambarkan imajinasinya. Pada bagian keempat rubik terdapat gambar geometri. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, yang dilakukan di TK Dharma Wanita II Tempurejo, Jember pada bulan Oktober 2020. Sumber data 3 anak dengan kemampuan visual spasial yang berbeda, dan guru kelas. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian di TK Dharma Wanita II Tempurejo, Jember tentang analisis karakteristik kecerdasan visual spasial anak usia 4-5 tahun dalam permainan VISIC (Visual Spatial of Rubic) anak-anak dalam TK Dharma Wanita II Tempurejo, Jember memunculkan karateristik kecerdasan visual spasial.Hal tersebut terjadi secara bertahap.
Kata Kunci: Kecerdasan Visual Spasial, Permainan VISIC (Visual Spatial of Rubic)
Abstract
Visual Spatial is one of intelligences that allows children to understand information by images better than text.To stimulate the visual spatial of children in TK Dharma Wanita II Tempurejo, VISIC (Visual Spatial of Rubic) is used, a game that uses shapes consisting of 4 game parts. In the first part of the Rubic there are different colors. In the second part of the Rubik there is a game to find a way. In the third part there is a small blackboard for children to describe their imagination. In the fourth section of the rubik there is a geometric drawing. The type of research used is descriptive qualitative, which was conducted at TK Dharma Wanita II Tempurejo, Jember in October 2020. Data sources were 3 children with different visual spatial abilities, and classroom teachers. Methods of data collection are carried out through observation methods, interview methods and documentation methods. The data analysis techniques used were data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of research at TK Dharma Wanita II Tempurejo, Jember, the analysis of the characteristics of the visual spatial intelligence of children aged 4-5 years in the VISIC (Visual Spatial of Rubic) game children in TK Dharma Wanita II Tempurejo, Jember bring out the characteristics of spatial visual intelligence. But This happens gradually.
Keywords: Visual Spatial Intelegence, VISIC(Visual Spatial of Rubic) game
References
Djaali dan P. Muljono. 2017.Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Hellaludddin dan H.Wijaya. 2019. Analisis data kualitatif:Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik.Makasar: STT Jaffray
Sapitri, Nurannisa. 2018. Hubungan Antara Kecerdasan Visual-spasial dengan Kreativitas Anak di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. Skripsi. Program StudiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Jambi
Susanto, A. 2014. Perkembangan anak usia dini: Pengantar di FKIP Universitas Jambi.
Susanto,A. 2014. Perkembangan anak usia dini: Pengantar di berbagai aspeknya. Jakarta: Kencana.
Uno. H. B. dan M. K. Umar. 2009.MengelolaKecerdasan Dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: PT Bumi Aksara