Hubungan Penggunaan Gadget dengan Interaksi Sosial Anak Kelompok A Di TK Muslimat NU Sunan Giri Kecamatan Balung Kabupaten Jember
Abstract
Kemajuan teknologi membuat pengguna menjadi ketergantungan Penelitian ini di latarbelakangi dengan banyaknya orang tua yang membiarkan anak usia 3-6 tahun untuk bermain gadget dengan alasan agar anak duduk tenang dan tidak rewel. Anak yang terbiasa bermain menggunakan gadget, akan lebih memilihuntuk bermain game di gadget daripada untuk bermain di luar rumah dengan teman seusianya. Interaksi sosial antara anak dengan masyarakat dan lingkungan sekitarnya menjadi berkurang. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan interaksi sosial anak Kelompok A di TK Muslimat NU Sunan Giri Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh anak Kelompok A sebanyak 58 anak. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat Hubungan Penggunaan Gadget dengan Interaksi Sosial Anak Kelompok A di TK Muslimat NU Sunan Giri Kecamatan Balung Kabupaten Jember.
References
Gunawan. 2017. Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto, Banyumanik. Universitas Diponegoro
Munisa. 2020. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di TK Panca Budi Medan. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu. 13 (1): 102-114
Novitasari, W dan Khotimah, N. 2016. Dampak Penggunaan Gadget Terhada Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai.5(3):182-186.
Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Pasal 11. Lembaran Negara Republik Indonesia 2014. Jakarta