Hubungan Manajemen Kelas dengan Motivasi Belajar Anak Kelompok B TK Bina Anaprasa Nuris Jember

  • Nurul Litasari Universitas Jember
  • Misno A. Lathif Universitas Jember
  • Syarifuddin Syarifuddin Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar anak yang dapat menghambat  proses mencapai tujuan belajar. Motivasi belajar dapat meningkat apabila suasana kelas lebih kondusif dan nyaman, sehingga guru perlu mengoptimalkan pengelolaan kelas (manajemen kelas) dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara manajemen kelas dengan motivasi belajar anak kelompok B2. Jenis penelitian ini adalah anak kelompok B2 dengan jumlah responden sebanyak 14 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menggunakan rumus korelasi tata jenjang Rank Spearman (Spearman’s Rho) dengan perhitungan manual yakni nilai rhitung sebesar 0,808 sedangkan rtabel sebesar 0,544 dengan taraf signifikan 5% maka rhitung lebih besar dari rtabel sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Apabila dikonsultasikan pada tabel pedoman interpretasi koefesien korelasi rhitung yang berada pada rentang 0,800 sampai 1,000 maka hubungan yang terjadi termasuk ke dalam kriteria hubungan yang kuat.


 

References

Amilda. 2017. Efektifitas Manajemen Kelas Kelompok Bermain pada PAUD Bon Thorif Palembang. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini,1,1-22.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Badaruddin. 2015. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Konseling Klasikal. Malang: CV ABE Kreativindo.

Erwinsyah, A. 2017. Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar. TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 5 (2): 87-105.

Masyhud, M. S. 2016. Metode Penelitian Pendidikan.Jember: LPMPK.

Montolalu. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Rusydie.2011.Prinsip-prinsip Manajemen Kelas.Yogyakarta: Diva Press.

Sofan, dkk. 2014. Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sutarman, M. 2016. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: CV Pustaka Setia.

Warsono, S. 2016. Pengelolaam Kelas dalam Meningkatkan Belajar Siswa. Manajer Pendidikan. 10 (5): 469-476

Zulqadri. 2015. Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 2 Binamu Kabupaten Jeneponto. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi, 2(2), 116-119.
Published
2021-06-30
How to Cite
LITASARI, Nurul; LATHIF, Misno A.; SYARIFUDDIN, Syarifuddin. Hubungan Manajemen Kelas dengan Motivasi Belajar Anak Kelompok B TK Bina Anaprasa Nuris Jember. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 30-36, june 2021. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/14961>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v2i1.14961.
Section
Articles