Implementasi Model Pembelajaran Sentra Iman dan Taqwa Pada Pembelajaran Kelompok A Di PAUD Terpadu Al Furqan Jember

  • Khuriyanah Khuriyanah Universitas Jember
  • Khutobah Khutobah Universitas Jember
  • Senny Weyara Dienda Saputri Universitas Jember

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  implementasi  model  pembelajaran sentra iman dan taqwa pada pembelajaran kelompok A PAUD Terpadu Al Furqan Jember. Jenis  penelitian  ini  yaitu  deskriptif  kualitatif.  Metode  pengumpulan  data  menggunakan observasi,  wawancara  dan  dokumentasi.  Penelitian  ini  menggunakan  teknik  analisis  data Miles  dan  Huberman.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  pelaksanaan  pembelajaran sentra  iman  dan  taqwa lebih  berfokus  untuk  membangun  pemahaman  ibadah  dan  akhlak pada anak. Guru sebagai fasilitator menyediakan berbagai alat main bernuansa agama, anak dibiasakan mengucapkan  salam  dan  meminta  ijin  sebelum  memasuki  ruangan, membaca doa   sebelum   dan   sesudah   kegiatan,   menjelasan   surat   Al-Qur’an  dan  terjemahannya, menjelaskan sejarah Islam, kenabian, dan hukum syariat Islam. Metode pembelajaran yang digunakan  adalah  metode  bercakap-cakap,  tanya  jawab,  bercerita,  dan  bermain.  Evaluasi yang dilakukan guru adalah pengamatan langsung, mencatat pilihan main, dan tahapannya, menyimpulkan  hasil  kerja  anak,  ucapan,  pertanyaan  anak,  dan  dokumentasi.  Lingkungan belajar  yang  telah  direncanakan  oleh  guru  sesuai  dengan  kebutuhan  anak,  pengaturan ruangan sentra yang menarik dengan penataan  alat main yang bervariasi. Hambatan dalam penerapan  pembelajaran  sentra  iman  dan  taqwa  adalah  kurangnya  jumlah  tempat main, rasio  guru  dan  anak  belum  seimbang,  persiapan  guru,  dan  manajemen  waktu  guru. Sedangkan  kelebihannya  adalah  sarana  alat main yang  memadai, kompetensi  guru,  serta ruangan sentra yang luas dan menarik

References

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono., dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Hidayat, Otib. 2009. Metode Pengembangan Moral dan Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.

Masitoh,H.Djoehari,O.Setiasih.2011.Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: UniversitasTerbuka.

Masyhud, Sulthon. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jember. LPMK.

Masyhud, Sulthon. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan.Jember. LPMK.

Mulyasa, M. E. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003.

Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301.Jakarta.

Yusuf, A, Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitiam Gabungan.Jakarta: Kencana
Published
2020-12-09
How to Cite
KHURIYANAH, Khuriyanah; KHUTOBAH, Khutobah; SAPUTRI, Senny Weyara Dienda. Implementasi Model Pembelajaran Sentra Iman dan Taqwa Pada Pembelajaran Kelompok A Di PAUD Terpadu Al Furqan Jember. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 18-25, dec. 2020. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/12941>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v1i1.12941.
Section
Articles