Peran Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Kedisiplinan Anak Kelompok B

  • Lia Puji Rahayu Universitas Jember
  • Khutobah Khutobah Universitas Jember
  • Luh Putu Indah Budyawati Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok B2 di TK Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Latar belakang diadakannya penelitian ini dikarenakan anak pada kelompok B2 menunjukkan sikap disiplin yang baik. Adapun kedisiplinan yang terlihat dari anak kelompok B2 yaitu hadir tepat waktu, disiplin dalam berbaris sebelum masuk kelas maupun saat upacara bendera, merapikan mainan dan alat tulis setelah memakainya, antri dalam mencuci tangan dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru terhadap kedisiplinan anak kelompok B2. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penilitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B2. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melaksanakan perannya dengan baik dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan lembar checklist observasi yang menunjukkan bahwa guru melaksanakanĀ  9 dari 10 kegiatan terhadap indikator observasi yang telah ditentukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Melalui peran yang dilakukan oleh guru dengan baik dalam pembelajaran maka dapat berpengaruh terhadap kedisiplinan anak. Hal ini dibuktikan dengan persentase pada indikator kedisiplinan anak, dimana pada indikator peraturan dengan kriteria penilaian Sangat Baik (SB) menunjukkan hasil paling tinggi yaitu 78,95%, pada indikator hukuman dengan kriteria penilaian Baik (B) menunjukkan hasil paling tinggi yaitu 5,26%, pada indikator penghargaan dengan kriteria penilaian Sangat Baik (SB) menunjukkan hasil paling tinggi yaitu 84,21%, lalu pada indikator konsistensi dengan kriteria penilaian Sangat Baik (SB) menunjukkan hasil paling tinggi yaitu antara 76%-100%.

References

Anshori, Y. Z. 2020.Penguatan karakter disiplin siswa melalui peranan guru di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia.3 (1): 126-135

Fadlillah, Muhammad dan L. M. Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Febriyati, R. 2015. Perilaku Kedisiplinan Siswa Kelas X Selama Proses Pembelajaran Ilmu Gizi di SMK N 3 Wonosari. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Boga Universitas Negeri Yogyakarta.

Idrus, Mumammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Erlangga.

Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Masyhud, M. Shulton. 2015. Manajemen Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

Mustari, M. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rochimi. I. F dan Suismanto. 2018. Upaya Guru Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan Pada Anak Usia Dini. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usis Dini. 3 (4): 231-246

Saebani, B. A. 2008. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group. Edisi Pertama.

Saputri, A. T. 2016. Penanaman Nilai Kemandirian dan Kedisiplinan Bagi Anak Usia dini Siswa TK B di Kelompok bermain Mutiara hati Purwokerto. Skripsi.Purwokerto. Pendidikan Agama Islam IAIN Purwokerto

Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Sekretariat Jenderal MPR RI.

Sari. D. Y. Pengaruh Bimbingan Guru dalam Mengembangkan Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Golden Age Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2 (2): 35-44

Sujiono, Y. Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Published
2021-06-30
How to Cite
RAHAYU, Lia Puji; KHUTOBAH, Khutobah; BUDYAWATI, Luh Putu Indah. Peran Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Kedisiplinan Anak Kelompok B. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 19-29, june 2021. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/12756>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v2i1.12756.
Section
Articles