Fungsi Likehood Pada Data Tersensor Interval Univariat

  • Dini Tresnawanti Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Jember (UNEJ)
  • Mohamad Fatekurohman Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Jember (UNEJ)
  • Alfian Futuhul Hadi Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Jember (UNEJ)

Abstract

Analisis survival adalah metode statistika yang digunakan dalam mempelajari ketahanan hidup yang berhubungan dengan waktu, mulai waktu awal yang sudah ditentukan dalam penelitian sampai waktu akhir penelitian, namun ada beberapa kendala untuk mengestimasi fungsi tersebut yakni adanya data tersensor. Untuk mengestimasi fungsi dengan masalah demikian digunakan metode nonparametrik maksimum likelihood estimator dengan data tersensor interval univariat yakni data pasien kanker payudara di Rumah Sakit Baladhika Husada (DKT) berupa data interval l i =( Li , Ri ) dengan i adalah banyaknya pasien kanker Payudara serta. Pada metode NPMLE sesuai dengan usulan Turnbull perlu dicari terlebih dahulu bagaimana bentuk fungsi likelihood. Dalam mencari fungsi likelihood dengan data univariat, dilakukan pendekatan representasi petrie untuk menghasilkan matriks Clique sebagai matriks indikator (αij ) . Hasil dari penelitian ini berupa fungsi non linear dengan derajat paling besar yaitu berderajat 5.
Kata Kunci: survival, nonparametrik, likelihood, matriks Clique,Turnbull.

References

Carpenito,L.J. 2000. Buku Diagnosa Keperawatan. Editor Monica Ester. Jakarta: EGC.

Collett, D. 2003. (Text in Statistical) Science Modelling Survival Data in Medical Research. 2Nd ed. London: Chapman dan Hall/CRC.

Desen,W. 2008. Buku Ajar Onkologi Klinis, edisi 2. Jakarta : Balai Penerbit FKUI.

Gentleman, R., dan G. J. Geyer. 1994. Maximum likelihood for interval censored data: consistency and computation. Biometrika.

Kleinbaum, D.G. dan M. Klein. 2012. Survival Analysis a Self-Learning Text (Third Edition). New York: Springer.

Klein J. P dan M. L Moeschberger. 2003. Survival Analysis: Technique for Censored and Truncated Data. New York: Springer.

Rasjidi, I. 2007. Kemoterapi Kanker Ginekologi Dalam Praktik Sehari-hari. Jakarta: Sagung Seto.

Smeltzer, S.C. dan Bare, B.G, 2002, Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner dan Suddarth (Ed.8, Vol. 1,2), Alih bahasa oleh Agung Waluyo. EGC, Jakarta.

Suryaningsih,K.E.2009. Kupas tuntas kanker payudara. Yogyakarta: Paradigm Indonesia.

Turnbull, B. W. 1976, The Empirical Distribution Function with Arbitrarily Grouped, Censored and Truncated Data, Journal of the Royal Statistical Society, Series B.

Vandall, A. C. dan R. Gentleman. 1998. Order theory and nonparametric maximum likelihood for interval censored data. New Zealand: departement of Statistic, University of Aucland.

Vandall, A. C. dan R. Gentleman. 1998. Weak order partitioning of interval orders with applications to interval censored data. New Zealand: departement of Statistic, University of Aucland.
Published
2018-12-13
How to Cite
TRESNAWANTI, Dini; FATEKUROHMAN, Mohamad; HADI, Alfian Futuhul. Fungsi Likehood Pada Data Tersensor Interval Univariat. BERKALA SAINSTEK, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 75-78, dec. 2018. ISSN 2339-0069. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BST/article/view/9227>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/bst.v6i2.9227.
Section
General