Perancangan dan Pembuatan Serious Game Sebagai Simulasi Aktivitas Bisnis dan Akuntansi Menggunakan Pendekatan Agent-Based Modelling
Abstract
Permainan memiliki efek positif dalam mendukung kemampuan motorik seseorang untuk berkembang. Salah satu bahasan menarik dalam permainan adalah simulasi bisnis yang memiliki kategori serious game untuk dijadikan alternatif media pembelajaran dalam memahami konsep dasar bisnis dan aktivitas akuntansi. Gameplay dibuat dengan menciptakan artificial bisnis level UKM yang melakukan aktivitas jual beli, dimana di dalamnya terdapat game world, pelanggan dan toko yang berinteraksi untuk menghasilkan fenomena sebuah pasar. Aktivitas jual beli menjadi dasar siklus akuntansi untuk pemain belajar dan memahami kejadian finansial. Setiap agent diberi attribute yang digunakan sebagai parameter untuk membentuk personality-trait dan pengambilan keputusan pembelian serta aktivitas yang membentuk tingkah laku sehari - hari melalui State Machine dan Rule Based System (RBS). Simulasi perilaku konsumen dalam pasar virtual digunakan sebagai trigger aktivitas utama bisnis yaitu transaksi penjualan. Kejadian finansial yang terjadi dari proses simulasi menghasilkan proses jurnal untuk memberikan pemain pengalaman dalam memproses transaksi dengan contoh sumber aktivitas buatan.
Kata Kunci: Serious Game, Perilaku Konsumen, Agent-based Model, A Star, Stack Finite State Machine, Rule-Based System.