Penerapan Algoritma Winnowing Pada Sistem Rekomendasi Penentuan Dosen Pembimbing Skripsi (Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi)

  • J. Jarwati Sistem Informasi, Program Studi Sistem Informasi,Universitas Jember (UNEJ)
  • Antonius Cahya Prihandoko Sistem Informasi, Program Studi Sistem Informasi,Universitas Jember (UNEJ)
  • Windy Eka Yulia R Sistem Informasi, Program Studi Sistem Informasi,Universitas Jember (UNEJ)

Abstract

Sistem rekomendasi penentuan dosen pembimbing tugas akhir menggunakan algoritma winnowing merupakan sistem yang bertujuan untuk membantu komisi bimbingan menentukan dosen pembimbing. Rekomendasi yang dihasilkan berupa nama dosen yang memenuhi syarat untuk menjadi dosen pembimbing sesuai dengan aturan yang ada pada Program Studi Sistem Informasi. Sistem ini berisikan daftar dosen program studi sistem informasi dan kata kunci penelitian yang pernah dilakukan dosen. Algoritma winnowing digunakan untuk mencari dan menghitung jumlah kata yang sama dalam setiap kata kunci yang dibandingkan. Setiap rekomendasi yang dihasilkan berdasar pada jumlah kesamaan antara kata kunci yang dibandingkan dalam bentuk persentase yang diurutkan dari persentase tertinggi sampai dengan terendah. Sistem rekomendasi ini dibangun berbasis website agar dapat digunakan dengan mudah oleh komisi bimbingan, akademik dan dosen. Algoritma winnowing dipilih karena memiliki keunggulan yakni dapat menangani permasalahan pencocokan string yang bervariasi serta waktu komputasi yang cepat. Pembuatan sistem ini dibangun mengadopsi dari model Waterfall. Sistem rekomendasi penentuan dosen pembimbing ini dirancang dan dibangun dengan 3 (tiga) hak akses, yaitu akademik dan komisi bimbingan dan dosen dengan berbagai fitur yang dapat memudahkan penggunanya. Hasil dari penelitian ini, sistem mampu mengimplementasikan algoritma winnowing untuk membantu komisi bimbingan menentukan dosen
pembimbing skripsi sesuai dengan aturan dan kompetensi yang dimiliki dosen.


Kata Kunci: Algoritma Winnowing, Sistem Rekomendasi, Dosen Pembimbing Skripsi

Published
2017-09-20
How to Cite
JARWATI, J.; PRIHANDOKO, Antonius Cahya; YULIA R, Windy Eka. Penerapan Algoritma Winnowing Pada Sistem Rekomendasi Penentuan Dosen Pembimbing Skripsi (Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi). BERKALA SAINSTEK, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 11-20, sep. 2017. ISSN 2339-0069. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BST/article/view/5369>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/bst.v5i1.5369.
Section
General