Efektivitas Cacing Tanah (Lumbricus rubellus Hoff.) dalam Degradasi Karbon Organik Sampah Sayur Pasar Tanjung Jember

  • Umi Fadilah Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember (UNEJ)
  • Joko Waluyo Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember (UNEJ)
  • Wahju Subchan Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember (UNEJ)

Abstract

Sampah oraganik merupakan bahan organik buangan dari kegiatan rumah tangga, pasar, perkantoran, rumah penginapan, hotel, rumah makan, industri atau aktivitas manusia lainnya. Sampah daun kubis merupakan salah satu contoh sampah organik yang berasal dari aktivitas pasar. Pada pasar Tanjung Jember volume terbesar sampah sayur adalah sampah daun kubis. Upaya untuk mengatasi pencemaran karbon oleh sampah daun kubis adalah dengan memanfaatkan organisme detritivor cacing tanah Lumbricus rubellus Hoff. Jenis penelitian terdiri dari dua macam yaitu penelitian pertama adalah penelitian lapang yang dilakukan selama 28 hari. Penelitian kedua adalah penelitian laboratorium dilakukan selama satu minggu menggunakan teknik gravimetri dengan hasil akhir berupa nilai karbon organik pada tiap-tiap parameter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar efektivitas degradasi karbon organik yang dilakukan cacing tanah L. rubellus terhadap sampah sayur kubis. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan Rancanagan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 taraf perlakuan pemberian sampah sayur kubis yaitu 140 g/minggu dan 280 g/minggu. Setiap perlakuan terdiri dari 20 gram cacing tanah dan 3 kali pengulangan. Pakan cacing tanah diperoleh dari hasil fermentasi sampah sayur kubis selama 7 hari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas degradasi karbon organik sampah buah dengan pemberian biomassa sampah 140 g/minggu sebesar 14,74% dan pemberian biomassa sampah 280 g/minggu sebesar 17,19%.


Kata Kunci: Degradasi, Sampah Organik, Karbon Organik, dan Lumbricus rubellus Hoff.

Published
2017-09-20
How to Cite
FADILAH, Umi; WALUYO, Joko; SUBCHAN, Wahju. Efektivitas Cacing Tanah (Lumbricus rubellus Hoff.) dalam Degradasi Karbon Organik Sampah Sayur Pasar Tanjung Jember. BERKALA SAINSTEK, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 1-6, sep. 2017. ISSN 2339-0069. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BST/article/view/5367>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/bst.v5i1.5367.
Section
General