STRUKTUR KOMUNITAS FITOPLANKTON PADA ZONA LITORAL RANU PAKIS

  • Abdur Rasit Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Jember (UNEJ) Jln. Kalimantan 37, Jember 68121 E-mail:
  • Moh. Imron Rosyidi Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Jember (UNEJ) Jln. Kalimantan 37, Jember 68121
  • Rudju Winarsa Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Jember (UNEJ) Jln. Kalimantan 37, Jember 68121

Abstract

Struktur komunitas fitoplankton merupakan bentuk dari masing-masing penyusun komunitas, antara lain komposisi, kelimpahan dan keanekaragaman jenis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komposisi, kelimpahan dan keanekaragaman jenis fitoplankton pada zona litoral Ranu Pakis. Hasil pengamatan menggunakan mikroskop menunjukkan fitoplankton yang terdapat pada zona litoral Ranu Pakis terdiri atas 4 kelas. Kelas tersebut yaitu yaitu Bacillariophyceae (7 jenis), Chlorophyceae (8 jenis), Cyanophyceae (5 jenis) dan Dinophyceae (1 jenis). Kelas Cynophyceae merupakan kelas yang paling melimpah dengan jumlah jenis sebanyak 231555 ind/L. Jenis yang mendominasi adalah Chroococcus sp. yang merupakan jenis dari kelas Cynophyceae dengan nilai indeks dominansi sebesar 0,6. Melimpah dan mendominasinya kelas Cyanophyceae disebabkan karena dari hasil pengukuran kondisi fisika dan kimia yang mendukung pertumbuhan Cyanophyceae. Dominansi Chroococcus sp. berdampak pada nilai keanekaragaman jenis fitoplankton di Ranu Pakis yaitu sebesar 1,01.

Published
2016-10-04
How to Cite
RASIT, Abdur; IMRON ROSYIDI, Moh.; WINARSA, Rudju. STRUKTUR KOMUNITAS FITOPLANKTON PADA ZONA LITORAL RANU PAKIS. BERKALA SAINSTEK, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 5-9, oct. 2016. ISSN 2339-0069. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BST/article/view/4458>. Date accessed: 17 apr. 2024.
Section
General

Keywords

Fitoplankton; Ranu Pakis; Struktur Komunitas; Zona Litoral.