Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Sarana Prasarana dan Lokasi Perumahan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Studi Kasus Perumahan Griya Pesona Karangrejo Banyuwangi)

  • Mangesti Carissa Putri Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Jember
  • Dewi Junita Koesoemawati Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Jember
  • Anita Trisiana Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Jember

Abstract

Perumahan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Kepuasan konsumen atas pembelian rumah yang ditawarkan merupakan impian dari setiap pengembang. Perumahan Griya Pesona Karangrejo Banyuwangi  merupakan kawasan perumahan yang sedang berkembang ke tahap 4. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting perumahan sudah sesuai dengan standar  perumahan yang ada, mengetahui variabel apa saja yang menjadi priorotas dari konsumen berdasarkan kualitas produk, sarana prasarana, lokasi dan kualitas pelayanan menggunakan metode QFD (Quality Function Deployment) dan penentuan strategi perbaikan yang harus dilakukan pengembang menggunakan analisis IPA (Importance Performance Analysis). Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan penyebaran kuisioner kepada penghuni perumahan.Dari hasil penelitian didapatkan hasil identifikasi kondisi eksisting dilapangan, Perumahan Griya Pesona Karangrejo Banyuwangi belum sepenuhnya memenuhi standar perumahan yang ada. Urutan variabel yang diprioritaskan diambil 5 variabel yang terbesar dari raw weight yaitu sarana ruang terbuka hijau, perkerasan jalan/paving, keamanan terhadap banjir, lebar dan kondisi jalan utama dan fasilitas pembuangan air kotor/drainase. Dalam penentuan strategi perbaikan berdasarkan analisis IPA pengembang harus melakukan perbaikan jalan sesuai dengan standar dan membangun saluran drainase sesuai standar serta melakukan pengecekan terhadap kualitas produk sebelum diserahkan kepada konsumen.

References

[1] Aditya Wahyu. 2013. Penerapan Metode QFD (QUALITY Function Deployment) Pada Rencana Pengembangan Sekolah Di SMKN 2 Yogyakarta. Yogyakarta: Jurnal Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
[2] Daniel Lukman. 2016. Pengaruh Lokasi , Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Property “Green Garden Resident”. Semarang.: Jurnal FEB.
[3] Keputusan Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah No. 403/KPTS/M/2002. Pedoman Teknis Pembangunan Rumah Sederhana Sehat (Rs SEHAT). 2 Desember 2002. Jakarta.
[4] ISNI 03-6967-2003. Persyaratan Umum Sistem Jaringan dan Geometrik Jalan Perumahan. 21 Agustus 2001. Bandung .
[5] SNI 03-1733-2004. Tata Cara Perencanaan Lingkungan Perumahan di Perkotaan. 17 Juni 2003. Bandung.
[6] Wahyu Supriyanto dan Rini Iswandiri. 2017. Kecenderungan Sivitas Akademik Dalam Memilih Sumber Referensi Untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Jurnal Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi.
Published
2019-12-11
How to Cite
PUTRI, Mangesti Carissa; KOESOEMAWATI, Dewi Junita; TRISIANA, Anita. Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Sarana Prasarana dan Lokasi Perumahan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Studi Kasus Perumahan Griya Pesona Karangrejo Banyuwangi). BERKALA SAINSTEK, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 53-58, dec. 2019. ISSN 2339-0069. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BST/article/view/11942>. Date accessed: 21 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.19184/bst.v7i2.11942.
Section
General