Pengembangan Agrowisata Jlengut Indah dan Dampaknya terhadap Masyarakat Desa Karangduren Kebonarum Klaten

  • Novemi Tobi Fahrudin Universitas Sebelas Maret
  • Retno Setyowati Universitas Sebelas Maret
  • Agung Wibowo Universitas Sebelas Maret

Abstract

Pariwisata merupakan sektor yang dianggap menguntungkan untuk dikembangkan. Oleh karena itu banyak daerah berkeinginan untuk mengadakan pembangunan, salah satunya di Desa Karangduren yang bernama agrowisata Jlengut Indah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pendekatan dalam pengembangan agrowisata serta dampaknya. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Desa Karangduren. Penentuan informan dilakukan secara purposive. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pendekatan yang digunakan dalam pengembangan agrowisata dengan memanfaatkan potensi alam yang tersedia, melibatkan masyarakat sekitar, mengoptimalkan potensi dan pengembangan yang berkelanjutan. Dampak yang ditimbulkan dari pengembangan agrowisata berdampak positif dan negatif. Dampak positif seperti terciptanya lapangan pekerjaan baru, akrabnya warga, menumbuhkan jiwa gotong royong, kebudayaan lokal menjadi dikenal dan lingkungan lebih terjaga. Dampak negatif yang ditimbulkan seperti terjadinya persaingan dalam mencari pekerjaan baru, timbul rasa iri hati dan peningkatan polusi suara karena banyaknya wisatawan yang berkunjung.

Published
2023-03-31
How to Cite
FAHRUDIN, Novemi Tobi; SETYOWATI, Retno; WIBOWO, Agung. Pengembangan Agrowisata Jlengut Indah dan Dampaknya terhadap Masyarakat Desa Karangduren Kebonarum Klaten. Journal of Tourism and Creativity, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 15-23, mar. 2023. ISSN 2716-5159. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/view/37435>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jtc.v7i1.37435.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.