Pengaruh Social Media Marketing terhadap Customer Satisfaction pada Minat Berwisata Sub Urban Kota Tasikmalaya: Apakah Promosi Sosial Media Mengubah Minat Generasi Z?
Abstract
Pariwisata sub urban (atau lebih sering disebut sebagai pariwisata pinggiran kota/pedesaan) merupakan salah satu kajian untuk pariwisata yang mengedepankan unsur alam sebagai nilai jual yang dimiliki. Keindahan alam yang dimiliki sub urban tidak dimiliki oleh daerah perkotaan. Disamping itu kawasan sub urban potensial sebagi pariwisata tidak hanya karena nuansa alam yang berpotensi namun juga dengan adanya permintaan dari perkotaan yang mudah untuk didapatkan karena jarak. Tujuan penelitian ini adalah melihat dampak social media marketing terhadap customer satisfaction pada pariwisata sub urban. Analisis jalur digunakan untuk mengestimasi hubungan multivariate dalam penelitian ini. Adapun variabel yang digunakan yaitu social media marketing, service quality, brand awareness, brand attitude dan customer satisfaction. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dengan sosial media marketing memiliki dampak pada customer satisfaction dengan cara baik upaya pengelola wisata untuk meningkatkan pelayanan. Selain itu dengan adanya social media marketing maka dapat memberikan suatu informasi yang baik pada konsumen mengenai suatu objek wisata.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.