Pengaruh Citra Destinasi dan Persepsi Nilai Wisatawan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Milenial Mancanegara di Bali
Abstract
Wisatawan milenial merupakan pasar yang sangat besar dan berkembang secara pesat dalam pariwisata dunia, di Indonesia, bahkan di Bali. Pada tahun 2019, sebanyak 40% wisatawan mancanegara di Bali adalah wisatawan milenial dan diprediksi akan terus bertambah setiap tahunnya. Kunjungan wisatawan mancanegara di Bali selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya, namun hal tersebut berbanding terbalik dengan rata-rata lama menginap wisatawan di hotel bintang maupun non bintang di Bali yang mengalami penurunan setiap tahunnya. Hal tersebut diindikasikan adanya masalah loyalitas pada wisatawan mancanegara di Bali. Dengan adanya fenomena tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan menganalisa bagaimana pengaruh citra destinasi, persepsi nilai, dan kepuasan terhadap loyalitas wisatawan milenial mancanegara di Bali. Data dikumpulkan dengan metode survey terhadap 200 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Model). Hasilnya adalah citra destinasi dan persepsi nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan dan kepuasan menjadi mediator antara citra destinasi dan persepsi nilai wisatawan terhadap loyalitas wisatawan milenial mancanegara di Bali.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.