Pengaruh Citra Destinasi dan Persepsi Nilai Wisatawan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Milenial Mancanegara di Bali

  • Ni Luh Kadek Laksmi Wulandani Politeknik Internasional Bali

Abstract

Wisatawan milenial merupakan pasar yang sangat besar dan berkembang secara pesat dalam pariwisata dunia, di Indonesia, bahkan di Bali.  Pada tahun 2019, sebanyak 40% wisatawan mancanegara di Bali adalah wisatawan milenial dan diprediksi akan terus bertambah setiap tahunnya. Kunjungan wisatawan mancanegara di Bali selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya, namun hal tersebut berbanding terbalik dengan rata-rata lama menginap wisatawan di hotel bintang maupun non bintang di Bali yang mengalami penurunan setiap tahunnya. Hal tersebut diindikasikan adanya masalah loyalitas pada wisatawan mancanegara di Bali. Dengan adanya fenomena tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan menganalisa bagaimana pengaruh citra destinasi, persepsi nilai, dan kepuasan terhadap loyalitas wisatawan milenial mancanegara di Bali. Data dikumpulkan dengan metode survey terhadap 200 responden.  Data dianalisis dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Model). Hasilnya adalah citra destinasi dan persepsi nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan dan kepuasan menjadi mediator antara citra destinasi dan persepsi nilai wisatawan terhadap loyalitas wisatawan milenial mancanegara di Bali.


 

Published
2022-01-24
How to Cite
WULANDANI, Ni Luh Kadek Laksmi. Pengaruh Citra Destinasi dan Persepsi Nilai Wisatawan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Milenial Mancanegara di Bali. Journal of Tourism and Creativity, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 49-55, jan. 2022. ISSN 2716-5159. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/view/28911>. Date accessed: 30 june 2022. doi: https://doi.org/10.19184/jtc.v6i1.28911.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.