Model dan Strategi Kebijakan Investasi Sektor Pariwisata Untuk Pemerataan Pembangunan di Kabupaten Probolinggo

  • Yeni Puspita Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember, Indonesia
  • Margaretta Andini Nugroho Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), dipilih mewakili wisata Jawa Timur oleh Kementerian Pariwisata, namun investasi yang terealisasi belum dirasakan manfaatnya pada TNBTS dan masyarakat, kajian ini ingin melihat model dan strategi kebijakan investasi sektor pariwisata terhadap pembangunan ekonomi. Metode penelitian yang digunakan  adalah kualitatif deskriptif yaitu melakukan wawancara pada pihak terkait dan melalukan kajian terhadap pelaksanaan investasi pada sektor pariwisata di Jawa Timur khususnya TNBTS. Bentuk investasi dalam sektor pariwisata adalah investasi dalam atraksi pariwisata, investasi dalam aksesbilitas pariwisata, investasi dalam amenitas pariwisata, dan investasi dalam ancillary pariwisata. Strategi investasi yang sustainable adalah rencana strategis yang berkelanjutan dengan menciptakan model 9 portofolio produk wisata itu untuk mendukung Atraksi; pembangunan aksesibilitas pariwisata di Jawa Timur, dengan cara pembenahan di sektor transportasi; pembangunan amenitas (fasilitas) pariwisata di Jawa Timur bisa dilakukan oleh pihak swasta; pelayanan tambahan harus disediakan oleh Pemerintah Daerah setempat.

Published
2021-10-16
How to Cite
PUSPITA, Yeni; NUGROHO, Margaretta Andini. Model dan Strategi Kebijakan Investasi Sektor Pariwisata Untuk Pemerataan Pembangunan di Kabupaten Probolinggo. Journal of Tourism and Creativity, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 129-138, oct. 2021. ISSN 2716-5159. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/view/27482>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jtc.v5i2.27482.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.