Dinamika Kehidupan masyarakat suku tengger dibalik kegiatan pariwisata Bromo

  • Siti Rofiataul Sazjiyah Universitas Muhammadiyah Malang

Abstract

Abstrak


Kehidupan sosial masyarakat Tengger tidak jauh dari kegiatan pariwisata, dinamika pada kehidupan sosial suku Tengger yang dipengaruhi dari segi pariwisata yang bisa mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luar daerah bahkan luar kota. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan juga bisa mengenalkan kebudayaan yang mereka miliki. Berangkat dari permasalahan tersebut belum adanya penelitian mendasar yang terfokus pada dinamika kehidupan masyarakat Tengger dengan adanya pariwisata Gunung Bromo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dinamika kehidupan masyarakat Tengger dengan adanya pariwisata Gunung Bromo. Manfaat dari penelitian ini untuk menambah pengetahuan dan pengalaman bagi penulis dan pembaca. Permasalahan tersebut dapat dideskripsikan dalam bentuk penelitian kualitatif yang mengambil lokasi penelitian di daerah Tengger Bromo Semeru. Pariwisata Gunung Bromo memberikan dampak yang baik kepada masyarakat suku Tengger dalam segi ekonomi pertanian yang mereka hasilkan tidak perlu lagi untuk dijual ke tengkulan namun hasil panen mereka hampir keseluruhan dibeli oleh wisatawan. Selain melakukan wisata ke Gunung Bromo, wisatawan juga bisa menyaksikan upacara kasada yang diadakan setiap tahun dan banyak dikunjungi oleh wisatawan untuk menyaksikannya sehingga kegiatan ini bisa dikenal oleh masyarakat luas. Berdasarkan teori perubahan sosial Ibnu Kaldun masyarakat telah mengalami perubahan secara bertahap dalam kehidupan yang ada di suku Tengger yaitu perubahan sosial yang dikarenakan adanya kegiatan Pariwisata di Gunung Bromo.


 


Kata kunci : Dinamika, kehidupan, Masyarakat, Suku Tengger

Published
2020-09-18
How to Cite
SAZJIYAH, Siti Rofiataul. Dinamika Kehidupan masyarakat suku tengger dibalik kegiatan pariwisata Bromo. Journal of Tourism and Creativity, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 105-116, sep. 2020. ISSN 2716-5159. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/view/14818>. Date accessed: 28 jan. 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jtc.v4i2.14818.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.