Tren Segmentasi Pasar dan Perilaku Wisatawan Taman Bunga Amaryllis di Era 4.0
Abstract
Kajian yang berfokus terhadap aspek segmentasi pasar dan perilaku wisatawan di Era 4.0 belum banyak dilaksanakan secara mendalam. Di Era 4.0, penetrasi teknologi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan perilaku wisatawan. Daya tarik wisata dengan spot foto unik semakin menjadi pilihan. Di sisi lain, dewasa ini semakin banyak ditemukan wisatawan dengan kesadaran lingkungan yang tinggi, sehingga daya tarik wisata yang memiliki nilai pelestarian lingkungan semakin diburu oleh pasar. Eksistensi Taman Bunga Amaryllis Yogyakarta adalah salah satu daya tarik wisata alam yang telah viral sejak akhir tahun 2015. Melalui metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, Penelitian ini mengeksplorasi segmentasi pasar dan perilaku wisatawan Taman Bunga Amaryllis di Era 4.0. Hasil studi ini menjelaskan bahwa karakteristik alosentris dan psikosentris dapat merepresentasikan segmentasi pasar di Era 4.0. Faktor demografi dan psikografi menjadi justifikasi pola perilaku wisatawan memiliki posisi penting pada Era 4.0. Justifikasi ini menuntun pada strategi pemasaran yang lebih hemat dan menunjukkan efisiensi promosi melalui social media euforia. Studi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman baru yang mendalam bagi para pelaku usaha wisata. Sehingga, strategi pemasaran yang efektif pada daya tarik wisata dapat dilakukan dengan melihat tren dari perilaku wisatawan di era 4.0 saat ini.