Tren Segmentasi Pasar dan Perilaku Wisatawan Taman Bunga Amaryllis di Era 4.0

  • Ahmadintya Anggit Hanggraito Universitas Gadjah Mada
  • Ni Made Gandhi Sanjiwani

Abstract

Kajian yang berfokus terhadap aspek segmentasi pasar dan perilaku wisatawan di Era 4.0 belum banyak dilaksanakan secara mendalam. Di Era 4.0, penetrasi teknologi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan perilaku wisatawan. Daya tarik wisata dengan spot foto unik semakin menjadi pilihan. Di sisi lain, dewasa ini semakin banyak ditemukan wisatawan dengan kesadaran lingkungan yang tinggi, sehingga daya tarik wisata yang memiliki nilai pelestarian lingkungan semakin diburu oleh pasar. Eksistensi Taman Bunga Amaryllis Yogyakarta adalah salah satu daya tarik wisata alam yang telah viral sejak akhir tahun 2015. Melalui metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, Penelitian ini mengeksplorasi segmentasi pasar dan perilaku wisatawan Taman Bunga Amaryllis di Era 4.0. Hasil studi ini menjelaskan bahwa karakteristik alosentris dan psikosentris dapat merepresentasikan segmentasi pasar di Era 4.0. Faktor demografi dan psikografi menjadi justifikasi pola perilaku wisatawan memiliki posisi penting pada Era 4.0. Justifikasi ini menuntun pada strategi pemasaran yang lebih hemat dan menunjukkan efisiensi promosi melalui social media euforia. Studi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman baru yang mendalam bagi para pelaku usaha wisata. Sehingga, strategi pemasaran yang efektif pada daya tarik wisata dapat dilakukan dengan melihat tren dari perilaku wisatawan di era 4.0 saat ini.

Published
2020-03-03
How to Cite
HANGGRAITO, Ahmadintya Anggit; SANJIWANI, Ni Made Gandhi. Tren Segmentasi Pasar dan Perilaku Wisatawan Taman Bunga Amaryllis di Era 4.0. Journal of Tourism and Creativity, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 43-58, mar. 2020. ISSN 2716-5159. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/view/14476>. Date accessed: 05 june 2020. doi: https://doi.org/10.19184/jtc.v4i1.14476.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.