Parade Miniatur, Potensi Pariwisata Berbasis Komunitas di Kabupaten Kediri

  • Sri Wahjuni D III UPW FISIP Universitas Jember
  • Muhammad David Al-Balya

Abstract

Abstrak


Di era modern yang semakin kreatif, terdapat masyarakat Kediri yang memiliki hobi membuat kerajinan miniatur. Inovasi miniatur ini bertujuan salah satunya untuk mempersatukan masyarakat Kediri dan sekitarnya, agar saling mengenal satu sama lain dan menjadikan masyarakat tersebut dalam satu wadah Komunitas. Inovasi miniatur ini muncul karena ingin memperkenalkan kepada masyarakat serta menciptakan sebuah inovasi baru yang memanfaatkan kayu-kayu bekas di lingkungan sekitar. Salah satu cara untuk memperkenalkan miniatur kepada masyarakat adalah dengan membuat miniatur dan mengadakan karnaval di desa-desa setiap malam minggunya. Metode pelaksanaannya yaitu dengan mensurvei ke lokasi, melaksanakan sosialisasi masyarakat, penyuluhan kepada masyarakat dari pembuatan dan pelaksanaan kegiatan karnaval setiap minggunya. Hasil dari program ini adalah berupa miniatur dimana sudah  menjadi program setiap malam minggunya, guna memperkenalkan dan mempromosikan hasil pembuatan miniatur yang dimiliki setiap desa di kabupaten Kediri.


Kata Kunci: miniatur, potensi wisata, pariwata berbasis komunitas (CBT)

Published
2020-03-03
How to Cite
WAHJUNI, Sri; AL-BALYA, Muhammad David. Parade Miniatur, Potensi Pariwisata Berbasis Komunitas di Kabupaten Kediri. Journal of Tourism and Creativity, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 31-42, mar. 2020. ISSN 2716-5159. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/view/14355>. Date accessed: 14 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.19184/jtc.v4i1.14355.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.