TRANFORMATION PYRAMID GAME: MOOD BOOSTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI

  • Adisah Susanti Universitas Madura
  • Moh Fathorrozi Universitas Madura
  • Anita Anita Universitas Madura
  • Moh Zayyadi Universitas Madura

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi transformasi geometri melalui transformation pyramid game. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian wawancara kepada subjek penelitian dan dokumentasi pada saat pelaksanaan riset. Sedangkan teknik analisis data pada peneitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pada penelitian ini, hasil belajar diperoleh dari hasil posttest yang sudah dikerjakan oleh setiap kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dari hasil ptetest dan pottest yang dikerjakan siswa. Rata- rata siswa bisa menjawab soal posttest dengan benar. Untuk soal posttest tentang refleksi:  siswa sudah bisa mengerjakan soal dengan benar dengan meggunakan rumus yang ada, untuk soal posttest tentang dilatasi: siswa bisa menggunakan rumus dan perhitungannya juga benar, untuk soal posttest tentang transali: siswa bisa menggunkan rumus tetapi salah dalam pengoperasiannya, dan untuk soal posttest tentang rotasi: siswa menjawab benar dengan menggunakan rumus rotasi tetapi kebingungan saat melakukan operasi perkalian dua matriks

Published
2024-12-31
How to Cite
SUSANTI, Adisah et al. TRANFORMATION PYRAMID GAME: MOOD BOOSTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI. Kadikma, [S.l.], v. 15, n. 3, p. 91-98, dec. 2024. ISSN 2686-3243. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/53468>. Date accessed: 31 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.19184/kdma.v15i3.53468.