MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNINGDENGANAUTHENTIC ASSESSMENT PADA MATA KULIAHALJABAR LINIER PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS JEMBER

  • Arika Indah Kristiana FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Belajar adalah suatu aktivitas mental/psikis yang berlangsung dalam interaksi yang aktif dengan lingkungan, yang menghasikan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan dan nilai sikap. sehingga hasil dari belajar mahasiswadapat diartikan sebagai aktivitas mahasiswa dalam lingkungan. lingkungan yang maksud dapat berupa lingkungan dalam kelas pada saat proses pembelajaran dan dapat berupa pembelajaran berbasis e-learning yaitu dengan memanfaatkan e-learning dalam pemahaman materi. Web enhanced course merupakan salah satu cara pemanfaatan ict yaitu pemanfaatan internet untuk pendidikan, ntuk menunjang peningkatan kualitas kegiatan pembelajaran secara tatap muka di kelas. pembelajaran berbasis ict dengan menggunakan e-learning dapat dikatakan salah satu terapan dari authentic assessment karena sumber belajar tidak hanya buku wajib, cara pembelajaran tidak hanya di dalam kelas tetapi bias dilakukan dimanapun dan kapanpun. materialjabar linier diberikan dalam kelas dan sebagian diupload dalam e-learning yang disajikan dalam bentuk modul, lkm, latihan soal dan tugas. dengan menerapkan pembelajaran berbasis e-learning dengan authentic assessment, terdapat 26% mahasiswa yang mendapat nilai mutu a dan sebanyak 48% mahasiswa yang mendapat nilai mutu b. hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang diterapkan membawa dampak positif terhadap hasil akhir belajar mahasiswa. hanya terdapat 5% atau 2 mahasiswa saja yang mendapatkan nilai mutu d atau dinyatakan tidak lulus dalam mata kuliah aljabar linier ini.

Kata Kunci :Belajar, Authentic Assessment, E-Learning
Published
2014-12-01
How to Cite
KRISTIANA, Arika Indah. MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNINGDENGANAUTHENTIC ASSESSMENT PADA MATA KULIAHALJABAR LINIER PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS JEMBER. Kadikma, [S.l.], v. 5, n. 3, dec. 2014. ISSN 2686-3243. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/1377>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/kdma.v5i3.1377.
Section
Articles