PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ANALISIS REAL BERBASIS WEB DALAM BENTUK E-LEARNING

  • Dian Kurniati FKIP UNEJ
  • Dinawati Trapsilasiwi FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Pengembangan model pembelajaran analisis real yang melibatkan sistem teknologi informasi global secara praktis perlu dilakukan. Khususnya kegiatan yang beorientasi pada aktivitas belajar mahasiswa untuk peningkatan pemahaman materi analisis real melalui pemanfaatan e-learning yang berisi bahan ajar elektronik. Sehingga mahasiswa tidak hanya mendapatkan materi kuliah pada saat di kelas saja tetapi juga dimana dan kapan saja. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan efektifitas penerapan model pembelajaran berbasis web dalam bentuk e-learning untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar mahasiswa pada matakuliah analisis real. Tahapan kegiatan pengembangan model pembelajaran berbentuk e-learning pada mata kuliah Analisis Real meliputi: (1) persiapan, (2) pelaksanaan, dan (3) analisis hasil kegiatan publikasi dan implementasi model pembelajaran elektronik di e-learning. Hasil dari kegiatan ini adalah (1) Kegiatan pengembangan model pembelajaran analisis real berbasis web dalam bentuk e-learning dilakukan pada materi sifat kelengkapan dari bilangan real dengan 1 (satu) kali tugas dan UAS untuk semua materi yang dipelajari selama satu semester, dan (2) Aktivitas dan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah analisis real berbasis web dalam bentuk e-learning meningkat. Masing-masing terdapat 92,5% mahasiswa kelas A dan kelas B yang tuntas pada tes hasil belajar melalui pelaksanaan UAS pada matakuliah analisis real dalam bentuk e-learning.

Kata Kunci : Pembelajaran e-learning, Analisis Real, Aktivitas dan prestasi belajar.
Published
2014-12-01
How to Cite
KURNIATI, Dian; TRAPSILASIWI, Dinawati. PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ANALISIS REAL BERBASIS WEB DALAM BENTUK E-LEARNING. Kadikma, [S.l.], v. 5, n. 3, dec. 2014. ISSN 2686-3243. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/1369>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/kdma.v5i3.1369.
Section
Articles