Legislative Policy and Accountability for Pollution Crimes by Ship Operations in Indonesian Waters

  • Muchamad Huzaeni Kesyahbandaran and Port Authority Class IV Probolinggo, Indonesia
  • Achmad Hasan Basri State Islamic University of Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia

Abstract

Tujuan dari tulisan ini adalah mengkaji kebijakan legislatif yang mengatur tindak pidana pencemaran di perairan Indonesia berdasarkan UU PPLH dan UU Perkapalan serta pertanggungjawaban pidana bagi pelaku pencemaran di perairan Indonesia. Penelitian menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan penegakan hukum, pendekatan kasus, dan pendekatan komparatif. Hasil penelitian tersebut merupakan kebijakan legislatif tentang pencemaran di perairan yang diatur dalam UU PPLH dengan UU Perkapalan, telah terjadi ketidakselarasan norma terkait tindak pidana pencemaran di perairan yang dilakukan oleh operasional kapal, ketentuan hukuman pidana atau denda yang berbeda sehingga dalam penerapannya menjadi multitafsir dan akan berdampak pada ketidakpastian. Pertanggungjawaban pidana bagi pelaku pencemaran di perairan dapat diterapkan berdasarkan UU Perkapalan. Terhadap awak kapal yang lalai melakukan pencegahan mengikuti Pasal 324 jo 227 UU Pelayaran. Terhadap kapten, apabila berkaitan dengan pengoperasian kapal di luar ketentuan, serta terhadap siapapun yang berada di dalam kapal yang tidak membutuhkan perintah kapten atau awak kapal yang diilustrasikan oleh Pasal 325 jo 229 UU Pelayaran.

Published
2023-03-31
How to Cite
HUZAENI, Muchamad; BASRI, Achmad Hasan. Legislative Policy and Accountability for Pollution Crimes by Ship Operations in Indonesian Waters. Indonesian Journal of Law and Society, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 51-93, mar. 2023. ISSN 2722-4074. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ijls/article/view/38415>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/ijls.v4i1.38415.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.