Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

Download Petunjuk Penulisan e-Journal Lentera Hukum (Download PDF).

 e-Journal Lentera Hukum (eJLH) menerbitkan artikel ilmiah yang ditulis oleh pakar, praktisi maupun pembuat kebijakan dalam bidang hukum. Publikasi ilmiah dalam eJLH mencakup diskursus hukum kontemporer baik mengenai kajian teoretis, empiris, sosio-legal, doktrinal ataupun perbandingan yang berkaitan dengan hukum. Ruang lingkup kajian dapat mengenai permasalahan lokal, regional, nasional, perbandingan maupun internasional. Kami juga menerima tulisan lain dalam bentuk kajian multidisiplin yang memiliki perspektif hukum. eJLH berkomitmen mempublikasikan artikel yang asli, inovatif dan berkualitas tinggi dengan editor yang memiliki kesesuaian di bidangnya baik dalam lingkungan nasional maupun internasional. Pengelolaan eJLH ini di bawah Fakultas Hukum Universitas Jember yang dipublikasikan oleh Jember University Press. eJLH terbit pada April, Agustus dan Desember.

 

PETUNJUK PENGIRIMAN ARTIKEL

Bagian ini memberikan petunjuk bagi penulis secara rinci mencakup kebijakan, kebahasaan, format, layout untuk naskah final dalam eJLH. Mohon diperhatikan bahwa seluruh naskah yang dikirimkan harus sesuai dengan petunjuk pengiriman sebagaimana ketentuan di bawah ini.  

I. KEBIJAKAN EDITOR / EDITORIAL POLICY

Naskah belum dipublikasikan: Naskah yang dikirimkan harus merupakan hasil tulisan yang hak ciptanya tidak dimiliki oleh orang lain, belum pernah dipublikasikan sebelumnya ataupun dimasukkan pada publikasi lain.

Kode etik penelitian: Penulis harus memperhatikan dan menjunjung standar etika dalam penulisan dan penelitian ilmiah. Mohon diperhatikan bahwa setiap tulisan yang hendak dipublikasikan dalam eJLH akan melewati proses pemindaian plagiarisme dalam turnitin.

II. KEBAHASAAN / COPYEDITING

Setiap tulisan dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris dengan menggunakan kaidah kebahasaan yang sesuai dan baik. Untuk penulisan dalam bahasa Inggris, ejaan harus menggunakan British English.

Tulisan harus diserahkan dalam format .doc, .docx. Mohon diperhatikan bahwa kami tidak dapat menerima naskah dalam format .pdf.

III. GAYA JURNAL / JOURNAL HOUSE-STYLE

eJLH menerbitkan artikel ilmiah peer-review tidak lebih dari 7000 kata, termasuk catatan kaki (footnote). Untuk ulasan buku (book review) dapat dituliskan dengan panjang sekitar 1000 – 2000 kata.

B. JUDUL DAN ABSTRAK

Artikel harus mencakup judul yang dituliskan secara padat, singkat dan jelas. Judul menggunakan rata kiri, Cambria 17, huruf setiap awal kata dengan penulisan kapital.

C. ABSTRAK

Semua artikel harus disertai dengan abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak dituliskan tidak lebih dari 250 kata dengan Cambria 11, indent kiri dan kanan 0.75 dan khusus untuk abstrak dalam bahasa Inggris ditulis dengan cetak miring (italic). Masing-masing abstrak menyertakan kata kunci (keywords).

D. NAMA DAN AUTOBIOGRAFI

Penulis wajib mencantumkan nama lengkap beserta instansi afiliasinya dan disertai autobiografi yang tercantum di dalam catatan kaki (footnote) dengan tanda bintang (*). Adapun formatnya sebagai berikut:

Judul Tulisan

Nama Penulis*

Institusi

Alamat Email

 

Abstrak

________________________________

* Profesor Hukum Internasional, Fakultas Hukum Universitas Jember. Saya mengucapkan terima kasih kepada A, B, C yang telah memberikan komentar pada draft awal.

E. ISI TULISAN

Isi tulisan ditulis dalam format kertas A4, font Cambria 12 spasi 1 dengan masing-masing margin 3. Seluruh tulisan harus dituliskan dalam bentuk paragraph tanpa mencantumkan bullets maupun numberings. Numbering dicantumkan untuk terkait dengan Heading (sub judul).

Jumlah tingkatan heading dalam eJLH maksimal tiga dengan ketentuan heading tingkat pertama berada pada posisi tengah dan diketik kapital dengan numerik romawi (I., II., III., dan seterusnya). Mohon diperhatikan bahwa heading dalam eJLH tidak mengenal PENDAHULUAN. Silakan gunakan kata atau frase lain yang merepresentasikan bagian pendahuluan. Contoh:

I. HEADING TINGKAT PERTAMA DALAM KAPITAL DAN RATAAN TENGAH

Heading tingkat kedua diketik dengan rataan kiri dan dicetak miring (italic) dengan menggunakan capital pada setiap awal kata. Urutan dalam heading ini diawali dengan huruf capital (A., B., C., dan seterusnya). Contoh:

A. Heading Tingkat Kedua dalam Cetak Miring

Heading tingkat ketiga diketik dengan rataan kiri dan dicetak miring (italic) dengan ketentuan capital hanya pada huruf pertama. Urutan dalam heading tingkat ketiga ini menggunakan penomoran arab (1., 2., 3., dan seterusnya). Contoh:

1. Heading tingkat ketiga dalam cetak miring

F. CATATAN KAKI / FOOTNOTE

eJLH menggunakan format catatan kaki (footnote) Canadian Guide to Uniform Legal Citation 7th Edition (McGill Guide). Tata cara penulisan dengan format ini dapat diakses pada laman berikut:

https://library.carleton.ca/sites/default/files/help/writing-citing/uniform_legal_style.pdf

Untuk memudahkan penulisan catatan kaki ini, kami merekomendasikan penulis untuk menggunakan perangkat lunak catatan kaki Zotero yang dapat didownload di sini.

 

Informasi:
The Centre for Human Rights, Multiculturalism, and Migration
Fakultas Hukum Universitas Jember
Jalan Kalimantan 37 Kampus Tegalboto
Jember, Jawa Timur, Indonesia 68121
Telp. (+62331) 330224
Fax. (+62331) 339029
Web: chrm2.unej.ac.id
Email: lentera.hukum@unej.ac.id