MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

  • Evi Durotun Nasihah Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Supeno Supeno Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Albertus Djoko Lesmono Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember

Abstract

Berpikir kritis merupakan proses yang digunakan dalam kegiatan memecahkan masalah, mengambil keputusan, menganalisis, dan melaksanakan penelitian. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan tingkat tinggi yang penting dimiliki oleh siswa untuk menghadapi tantangan sehari-hari. Selain itu, keterampilan berpikir kritis juga penting dimiliki siswa agar nantinya mampu menganalisis benar salahnya pendapat yang disampaikan oleh temannya. Fakta dilapangan membuktikan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah, dibuktikan dengan siswa hanya mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan mengingat dan belum bisa menyelesaikan soal yang berkaitan dengan menganalisis, sehingga perlu adanya pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Keterampilan berpikir kritis ini dapat diterapkan dengan memadukan model pembelajaran berbasis masalah (PBL), karena dengan memberikan permasalahan kepada siswa, maka mereka akan saling bertukar pendapat. Pengimplementasian model problem based learning ini secara kelompok, sehingga akan lebih baik jika dibantu dengan tutor sebaya pada proses pembelajarannya. Tutor sebaya akan membantu siswa dalam menganalisis dan melakukan penyelidikan sesuai dengan langkah pembelajaran problem based learning. Pemberian tutor sebaya sangat membantu siswa untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Problem based learning (PBL) disertai tutor sebaya dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Published
2019-01-09
How to Cite
NASIHAH, Evi Durotun; SUPENO, Supeno; LESMONO, Albertus Djoko. MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 178-183, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9419>. Date accessed: 26 mar. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.