PENGUKURAN KADAR AIR BIJI KOPI DENGAN RANCANGAN ALAT KAPASITOR SEBAGAI KAJIAN BAHAN AJAR FISIKA DI SMA

  • Siti Dewi Masiyati Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Trapsilo Prihandono Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Sri Handono Budi Prastowo Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember

Abstract

Rancangan bahan ajar kapasitor menggunakan kajian kadar air biji kopi. Kapasitor adalah piranti yang berfungsi untuk menyimpan muatan dan energi listrik dan menggunakan kapasitor dua keping sejajar konduktor. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengukuran kadar air biji kopi menggunakan rancangan bahan ajar kapasitansi kapasitor dan alat ukur kapasitansimeter dan membuat rancangan alat dan bahan ajar berdasarkan kajian pengukuran kadar air biji kopi menggunakan alat kapasitansi kapasitor. Teknik pengumpulan data adalah eksperimen, analisis pengambilan data menggunakan metoden oven pengering dan metode alami. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi harga kadar air biji kopi maka semakin besar pula nilai kapasitansinya, konduktivitas bahannya semakin besar, volume bahannya semakin kecil, partikelnya semakin merapat. begitupun sebaliknya semakin rendah harga kadar biji kopi semakin kecil pula nilai kapasitansinya, konduktivitas bahannya semakin kecil, volume bahannya juga semakin membesar, partikelnya semakin merenggang. Penelitian ini dapat disimpulkan: Pertama, pengukurngan kadar air biji kopi lebih afektif menggunakan rancangan bahan ajar kapasitor dengan alat kapasitansimeter dibandingkan dengan pengukuran manual. Kedua, metode alami lebih efisien di bandingkan dengan metode oven pengering dari segi pengeringannya dan tempatnya karena metode alami dapat mengeringkan biji kopi ber ton-ton tetapi kelemahannya yakni, bergantung pada cuaca sedangkan metode oven pengering tidak bergantung pada cuaca.

Published
2019-01-09
How to Cite
MASIYATI, Siti Dewi; PRIHANDONO, Trapsilo; BUDI PRASTOWO, Sri Handono. PENGUKURAN KADAR AIR BIJI KOPI DENGAN RANCANGAN ALAT KAPASITOR SEBAGAI KAJIAN BAHAN AJAR FISIKA DI SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 135-141, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9408>. Date accessed: 21 jan. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.