PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY (CC) DISERTAI TEKNIK PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMKN 2 JEMBER

  • Yesy Fatimatus Zahro Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember
  • Maryani Maryani Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember

Abstract

Penelitian yang berjdul pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) disertai teknik Probing-prompting terhadap hasil belajar fisika di SMKN 2 Jember ini bertujuan untuk memperoleh gambaran bagaimana pengaruh dari penerapan model pembelajaran Collaborative Creativity disertai teknik Probing-prompting terhadap hasil belajar siswa. Model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) disertai teknik probing-prompting disusun berdasarkan sintakmatik yang terdapat pada model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) namun pada langkah-langkah model pembelajaran CC telah disusun dengan menambahkan teknik probing-prompting yaitu pada tahap identifikasi masalah dengan tujuan siswa lebih terfokus pada permasalahan yang telah diberikan oleh guru sehingga siswa dapat menjawab permasalahan tersebut sesuai dengan harapan dari guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. penelitian eksperimen adalah penelitian yang diterapkan untuk mengetahui sebuah perlakuan tertentu terhadap yang lain dengan kondisi yang dikendalikan. Berdasarkan hasil analisis dapat dikatakan bahwa bahwa model pembelajaran Collaborative Creativity disertai teknik Probing-prompting berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika di SMK.

Published
2019-01-09
How to Cite
ZAHRO, Yesy Fatimatus; ASTUTIK, Sri; MARYANI, Maryani. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY (CC) DISERTAI TEKNIK PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMKN 2 JEMBER. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 114-118, jan. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9405>. Date accessed: 21 mar. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.